Akhirnya, Bawaslu Hentikan Kasus Dugaan Pelanggaran Pilkada Wabup Sangihe - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas


Akhirnya, Bawaslu Hentikan Kasus Dugaan Pelanggaran Pilkada Wabup Sangihe

Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong, SE (Foto via Tribun Manado)

Sulut24.com - Sangihe, Dugaan kasus pelanggaran Pilkada yang sempat menyita perhatian publik Sangihe dalam sebulan terakhir ini, yang ikut menyeret Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana dan Wakil Bupati Helmud Hontong, akhirnya berakhir dengan "skor imbang".

Setelah Selasa (20/10) kemarin, Bawaslu menghentikan penanganan kasus yang menyeret Bupati Sangihe karena tidak memenuhi unsur pelanggaran Pilkada.

Hari ini Kamis (21/10) Bawaslu juga akhirnya menghentikan penanganan dugaan kasus yang sama terhadap Wakil Bupati Sangihe.

Ketua Bawaslu Sangihe, Junaidi Bawenti didampingi salah satu anggota Gakkumdu saat ditemui sesaat setelah pembahasan bersama di sekretariat Bawaslu, membenarkan penghentian proses penanganan dugaan kasus pelanggaran UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada dengan terperiksa Helmud Hontong.

Junaidi menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan dan pendalaman termasuk meminta pendapat ahli, tim Gakkumdu yang terdiri Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan menyimpulkan bahwa kasus Helmud Hontong tidak memenuhi unsur pelanggaran dan tidak bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya.

”Hari ini sudah dihentikan penanganannya berdasarkan pembahasan bersama Gakkumdu,” jelas Bawenti.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong ketika dimintai tanggapan terkait penghentian kasus tersebut menyatakan bahwa dirinya lega dan gembira seraya memberi apresiasi kepada Bawaslu Sangihe yang telah bekerja maksimal dan sesuai prosedur.

Hontong juga mengapresiasi semua pihak yang selama ini mendukung dirinya selama kasus ini bergulir di Bawaslu Sangihe.

”Lega dan gembira karena kasus yang menyeret saya pada akhirnya dihentikan karena memang tidak memenuhi unsur,” tutur Helmut

”Ini juga bisa jadi pembelajaran bagi torang semua,” ungkap Wabup Hontong yang dikenal low profile ini. (Johan)