Dihadiri Pjs Onibala dan Layuck, Percasi Minsel Sukses Gelar Pertandingan Catur - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Dihadiri Pjs Onibala dan Layuck, Percasi Minsel Sukses Gelar Pertandingan Catur

Pjs Bupati Minsel Drs. Mecky Marthen Onibala, MSi saat menyapa peserta pertandingan catur (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com - Minsel, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sukses menggelar pertandingan catur beregu dan perorangan memperebutkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 1,5 juta.

Hajatan ini digelar serangkaian dengan syukuran HUT ke-64 Ketua Percasi Minsel, Herry 'Liong' Baguna, pada Sabtu (3/10/2020).

Pertandingan ini diikuti puluhan atlet catur dari Kabupaten Minsel dan Kota Manado. Beberapa diantaranya bahkan sudah menyandang gelar master.

Sistem pertandingan yang digunakan yakni sistem swiss 5 babak. Sistem ini dipilih karena merupakan sistem terbaik untuk pertandingan catur, terutama yang melibatkan banyak peserta.

Sistem swiss merupakan kombinasi sistem round robin dan sistem knock-out.

”Lomba catur beregu mempertemukan atlet catur dari Percasi Manado melawan atlet catur dari Percasi Minsel. Dan atlet catur Minsel berhasil memenangkan kategori lomba ini,” ungkap Ketua Percasi Minsel, Herry Baguna didampingi Sekum Irwan Abram kepada wartawan.

Yang membuat hajatan ini bergengsi yakni kehadiran Ketua Percasi Kota Manado, Rizal Layuck SH.

Wartawan senior Harian Kompas ini tidak hanya memboyong atlet catur dari Manado, tapi juga berkenan menyalurkan bantuan masker bagi peserta lomba.

Lebih bergengsi lagi, Pjs Bupati Minsel Drs. Mecky Marthen Onibala, MSi berkenan hadir sekaligus membuka iven pertandingan catur tersebut.

Dalam sambutannya, Onibala mendukung penuh kegiatan positif tersebut.

Bahkan dia menawarkan diri memfasilitasi pemberian dana pembinaan bagi para atlet catur yang ada di Kabupaten Minsel.

”Saya pernah menjabat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulut. Saya sering terlibat dalam berbagai iven olahraga, baik di tingkat daerah Sulut maupun di tingkat nasional. Karena itu, saya sangat mencintai dunia olahraga, selain gemar pula beternak kuda,” tutur Onibala. 

Ketika memimpin Dispora Provinsi Sulut, kata Onibala, dia sering mengutus bahkan mendampingi atlet yang berlaga di event Pekan Olahraga Nasional (PON).

Berikut nama-nama atlet catur yang mengikuti lomba perorangan dan berhasil meraih juara 1 hingga 10.  

1. Arthur Timbuleng (Manado)

2. George Lamia (Minsel)

3. Iwan Dunggio. MP. (Manado)

4. Grey Abram (Minsel)

5. Afel Tendean (Manado)

6. Onal Mamesah (Manado)

7. Fandy Mundung (Minsel)

8. Tommy Suoth (Minsel)

9. Devid Abram. (Minsel)

10. Masry (Manado)

Event serupa juga digelar di Desa Pinaling, Kecamatan Amurang Timur. 

Kali ini memperebutkan hadiah total uang tunai sebesar satu juta rupiah. 

(Simon)