Dukung Kelancaran Pilkada 2020, Pemkot Manado Gelar FGD DP4 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Dukung Kelancaran Pilkada 2020, Pemkot Manado Gelar FGD DP4

Walikota Manado Dr. Ir. GS Vicky Lumentut (Foto: Pem-Hum Pemkot Manado)

Sulut24.com - Manado, Dalam rangka mendukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado guna pemuktahiran Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dalam tahapan Pilkada 2020 dan juga sebagai perwujudan terhadap Undang - Undang tentang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Kependudukan dan Pancatatan Sipil Kota Manado menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) pemuktahiran DP4 Kota Manado.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Serbaguna Kantor Walikota Manado, Senin (5/10/2020), dihadiri Walikota Manado Dr. Ir. GS Vicky Lumentut, Ketua KPU Kota Manado Jusuf Wowor, dan Komisioner Bawaslu Kota Manado Taufiq Bilfaqih.

Kegiatan FGD Pemuktahiran DP4 Kota Manado di Aula Serbaguna Kantor Walikota Manado (Foto: Pem-Hum Pemkot Manado)

Pemberian data DP4 menjadi kewenangan Ditjen Dukcapil di Kementerian Dalam Negeri bukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/ Kota. 

”Tugas Pemerintah (Disdukcapil Kabupaten/Kota) untuk membantu KPU dalam pemutakhiran data kependudukan DP4. Caranya, mendata penduduk yang meninggal, pindah, menjadi TNI/Polri atau pensiunan TNI/Polri atau yang belum 17 tahun tapi sudah menikah,” kata Walikota.

Berdasarkan hal itulah, lanjut Lumentut, Pemkot Manado melaksanakan kegiatan tersebut demi kelancaran Pemilihan Kepala Daerah 2020 di Kota Manado.

“Tujuannya yakni menyandingkan data pemilih dengan pemutakhiran data sehingga terjadi persamaan persepsi antara pemerintah dan penyelenggara, yakni KPU, Bawaslu, dan peserta Pilkada agar terhindar dari kesalahpahaman,” terang Walikota.

Seraya terus berharap agar pelaksanaan Pilkada saat ini, kita semua (masyarakat Manado) tetap patuh dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid - 19, dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

”Sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan sehat, aman, lancar dan damai,” harapnya.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Manado Michler CS Lakat, Kadis Disdukcapil Kota Manado Julises D. Oehlers serta pejabat eselon II dan III dilingkup Pemkot Manado. (Melky T)

Sumber: Pem-Hum Pemkot Manado