Jelang Pilkada Serentak, Onibala Imbau Aparat Pemerintah Bersikap Netral - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Jelang Pilkada Serentak, Onibala Imbau Aparat Pemerintah Bersikap Netral

Pjs. Bupati Minsel Drs. Meiki Marthen Onibala, MSi sedang membawakan sambutan di GPdI Imanuel Karowa (Foto: Simon/Sulut24)

Sulut24.com – Minsel, Hanya dalam sehari, Pjs. Bupati Minsel Drs. Meiki Marthen Onibala, MSi secara marathon berhasil menuntaskan agenda kerjanya, mengunjungi empat desa di Kecamatan Tompaso Baru dan satu desa di Kecamatan Maesaan, pada Minggu (11/10/2020).

Didampingi istri tercinta, Grace Sekoh SE, keempat desa di Kecamatan Tompaso Baru yang dilawat Onibala yakni Desa Sion, Tompaso Baru Dua, Karowa, dan Kinalawiran, serta satu-satunya desa di Kecamatan Maesaan yakni Desa Lowian.

Ketika membawakan sambutan, baik saat berada di Kecamatan Tompaso Baru maupun di Kecamatan Maesaan, Onibala mengimbau masyarakat agar menjaga keamanan dan ketertiban serta memelihara kerukunan antar umat beragama.

Terutama menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

”Mari kita sukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2020, baik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minsel. Gunakanlah hak pilih kita dan pilihlah pemimpin yang sesuai dengan hati nurani. Jangan jual harga diri kita hanya karena selembar uang,” imbau Onibala.

Demi terciptanya Pilkada yang bermartabat dan berintegritas, Onibala meminta agar oknum camat dan hukum tua bersikap netral dan tidak melakukan upaya intervensi apalagi mengintimidasi rakyat, hanya demi memenangkan pasangan calon (paslon) tertentu.

Aparat pemerintah diminta pula tidak pilih kasih dalam menyalurkan bantuan sosial bagi warga terdampak pandemi Covid-19.

Ditambahkannya, jangan hanya karena beda pilihan atau beda warna, lantas warga tidak mendapatkan paket bantuan sosial seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, BLT UMKM dan jaring sosial Program Keluarga Harapan (PKH).

”Jangan pula melakukan pembohongan publik. Misalnya, bantuan sosial dari pemerintah pusat malah digembar-gemborkan sebagai bantuan pribadi dari paslon tertentu. Sampaikanlah program-program pemerintah yang ada, sesuai fakta yang sebenarnya,” tutur Onibala, mengingatkan.

Onibala mengawali kunjungan kerjanya di Kecamatan Tompaso Baru dengan mengikuti ibadah di GPdI Nafiri Sion.

Usai beribadah, Kepala Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Desa Tompaso Baru Dua. Didesa ini, Onibala dan istri beserta rombongan mengikuti ibadah di GPdI Victory.

Sejam kemudian, usai ibadah Onibala dan rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju Desa Karowa. Di desa ini, mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Utara ini meluangkan waktu menghadiri ibadah syukur perayaan HUT ke-82 tahun GPdI Imanuel Karowa dirangkaikan dengan HUT ke-48 Gembala Pdt. Moddy Narasiang MA, MTh.

Selama tiga kali mengikuti kegiatan ibadah, staff khusus Bupati Pdt Steven Rambi STh didaulat oleh para gembala di tiga gereja tersebut untuk menyampaikan firman Tuhan. 

Hajatan syukuran di GPdI Imanuel Karowa, turut dihadiri Ketua Majelis Wilayah 74 GPdI Tompaso Baru, Pdt. Jerry Poli, STh.  

Di setiap akhir kebaktian, baik di GPdI Nafiri Sion, GPdI Victory Tompaso Baru Dua dan GPdI Imanuel Karowa, Onibala dan istri diundang maju ke depan menghadap mimbar. Sambil berlutut dan dalam sikap penyembahan, kedua public figure ini diberkati dan diurapi oleh para hamba Tuhan.  

Saat berkunjung di Kecamatan Tompaso Baru, Onibala turut didampingi Camat Drs. Jemmy Loa, Kapolsek Iptu Jeffry Mailensun, dan Danramil Letda (Inf) Adri Kandowangko dan masing-masing Hukum Tua di tiga desa tersebut.

Sebelum mengakhiri kunjungannya di Kecamatan Tompaso Baru, Onibala dan rombongan menyempatkan diri menghadiri acara kedukaan di Desa Lowian Kecamatan Maesaan dan hajatan serupa di Desa Kinalawiran, Kecamatan Tompaso Baru. 

(Simon)