Pjs Onibala Bantu Korban Kebakaran di Desa Ongkaw Dua - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Pjs Onibala Bantu Korban Kebakaran di Desa Ongkaw Dua

(Pjs) Bupati Minsel, Drs. Mecky Marthen Onibala, MSi saat meninjau lokasi kebakaran (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com - Minsel, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Drs. Mecky Marthen Onibala, MSi benar-benar peduli terhadap rakyat yang dipimpinnya. Buktinya, begitu mendengar musibah kebakaran yang terjadi di Desa Ongkaw Dua, Kecamatan Sinonsayang, dia langsung bergegas meninjau lokasi kejadian, pada Selasa (6/10/2020).

Padahal, siang hari itu Onibala baru habis mengunjungi rumah duka di Desa Toyopon, Kecamatan Motoling Barat. Saat itu, Onibala dalam perjalanan hendak kembali ke kantor bupati.

”Ayo kita segera menuju lokasi kejadian. Kita harus menjenguk warga yang menjadi korban musibah kebakaran tersebut,” ajak orang nomor satu di Kabupaten Minsel ini kepada staf ahli bidang hukum dan pemerintahan, Drs. Decky Tuwo, dan sejumlah asisten pribadi yang turut mendampinginya.

Setibanya di Desa Ongkaw Dua, Onibala langsung disambut Camat Sinonsayang, Johni Laoh, SIP, MM, Kapolsek Sinonsayang IPTU Teddy Malamtiga, dan Hukum Tua Ongkaw Dua, Donald Woengow S.Sos. 

Begitu tiba di lokasi kejadian, tepatnya di Jaga 6, Onibala dan rombongan mendapati sebuah bangunan rumah yang sudah tak berbentuk lagi. Yang tertinggal hanya puing-puing sisa kebakaran. Selain melalap habis rumah beserta seluruh harta milik janda Yansye Tagulihi (56), musibah kebakaran yang terjadi pada Senin 5 Oktober 2020 pukul 22.30 Wita ini, juga merenggut nyawa seorang pemuda bernama Meiko Mengko (41).

”Karena menderita cacat tubuh dan terjebak kobaran api, Meiko tak bisa menyelamatkan diri dan meninggal di tempat kejadian. Korban menderita luka bakar di sekujur tubuhnya 90 hingga 95 persen,” ungkap Kapolsek Sinonsayang Inspektur Polisi Satu (Iptu) Teddy Malamtiga kepada Onibala.      

Beruntung, pada saat kejadian, meski sempat dikepung kobaran api, ibu janda Yansye Tagulihi berhasil menyelamatkan diri. Kendati demikian, dia menderita luka bakar 30 persen pada bagian tangan, kaki dan tubuh bagian belakang.

Sebagai wujud rasa simpati dan demi meringankan beban derita yang menimpa ibu janda tersebut, Onibala langsung menghubungi Kepala Dinas Kesehatan Minsel, dr Erwin Schouten untuk segera memfasilitasi perawatan terhadap wanita lansia ini, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Amurang.

”Sebagai wujud rasa simpati dan peduli kami, Pemkab Minsel akan menanggung seluruh biaya perawatan hingga ibu janda Yansye benar-benar pulih dan sembuh. Saya juga sudah menghubungi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, dan mereka akan menyalurkan pula dana bantuan bagi korban,” ujar Onibala kepada wartawan.

Usai meninjau lokasi kebakaran di Desa Ongkaw Dua, Onibala bersama rombongan bertolak kembali ke Amurang. Dalam perjalanan pulang hendak menuju rumah dinas di Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur, Onibala menyempatkan diri melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor DPRD Minsel.

Kedatangan Onibala sempat membuat kalang-kabut staf di Sekretariat DPRD. Pasalnya, Onibala datang tanpa pemberitahuan sebelumnya. Apalagi, saat itu Sekretaris Dewan sedang tidak berada di tempat.

Selain memantau ruang demi ruang yang ada, diluar dugaan Onibala juga memeriksa kondisi toilet di kantor tersebut. Dia tampak kecewa dan prihatin karena ruang toilet yang dimasukinya didapati dalam keadaaan tidak bersih. 

"Jangan hanya ruang kerja saja yang bersih dan rapih. Ruang toilet juga harus diperhatikan kebersihannya,’’ sentil Onibala.  Sejumlah staf sekretariat yang mendengar teguran keras itu, hanya bisa diam dan tersipu malu. 

(Simon)


Advertisement





 

Advertisement