Prestasi Lumentut Diapresiasi Warga Nusa Utara Di Manado - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Prestasi Lumentut Diapresiasi Warga Nusa Utara Di Manado

Walikota Manado DR. GS. Vicky Lumentut (Foto: Ist)

Sulut24.com - Manado, Apresiasi luar biasa ikut disampaikan sejumlah tokoh masyarakat Nusa Utara terhadap kepemimpinan Walikota DR. GS. Vicky Lumentut selama hampir 10 tahun diberikan kesempatan untuk memimpin ibukota Provinsi Sulut ini. 

Selain tingkat pertumbuhan ekonomi yang terus mengalami peningkatan setiap tahun, pendapatan per kapita masyarakat juga ikut mengalami perubahan. 

“Sulit menemukan sosok kepemimpinan seperti yang sudah ditunjukan Walikota Manado DR. Vicky Lumentut. Dan harus kita akui bahwa wajah kota Manado jauh mengalami perubahan sejak 10 tahun lalu,” ujar Drs. Salmon Bawole Jacobus, warga kelurahan Banjer, Kecamatan Tikala.

Menurut SBY (sapaan akrab Jacobus), karena tingkat pendapatan per kapita masyarakat tiap tahun mengalami kenaikan, otomatis akan menciptakan stabilitas perekonomian yang berdampak pada masuknya investor lokal maupun manca negara untuk membangun kota Manado dari berbagai aspek. 

“Harus kita akui bahwa, kota Manado termasuk salah satu kota di wilayah Indonesia Timur yang percepatan pembangunannya diakui oleh pemerintah pusat, selain kota Makassar. Atas dasar itu, sebagai warga Nusa Utara yang menetap di kota Manado saya memberikan apresiasi terhadap prestasi dari Walikota DR. GSV Lumentut,” akui SBY yang juga jebolan FISIP Unsrat ini.

Wakil Ketua Panitia Pemekaran Kab. Kepl. Sitaro ini menegaskan, harus diakui bahwa multiplier effek dari percepatan pembangunan di kota Manado adalah, banyaknya putra-putri terbaik berdara Nusa Utara yang terakomodir di sejumlah sektor riil maupun sektor jasa di kota Manado. 

“Banyak saudara-saudara kita yang bekerja di sejumlah perhotelan, mall, rumah makan, restorant, pertokoan, perusahaan industri bahkan fasilitas-fasilitas milik pemerintah seperti rumah sakit yang ada di kota Manado. Ini merupakan bukti bahwa kepemimpinan Lumentut banyak berpihak kepada masyarakat kecil termasuk terhadap saudara-saudara kita dari Nusa Utara,” beber Jacobus.

Senada dengan SBY, tokoh utama lahirnya kabupaten kepulauan Talaud Nelson Sasauw juga menyampaikan pendapat yang sama. Mantan Ketua MUKAT ini mengatakan, GSVL termasuk Walikota yang sukses menciptakan kedamaian dan kerukunan di kota Manado selama hampir 10 tahun memimpin kota Manado. 

“Bukan persoalan mudah bagi seorang pemimpin yang sukses menjaga kerukunan hidup umat beragama ditengah-tengah masyarakat kota yang serba majemuk,” kata Sasauw polos.

Indikator keberhasilan GSVL tidak hanya dari aspek kerukunan hidup umat beragama, namun, mantan Sekkot Manado ini juga dinilai termasuk pemimpin yang peduli terhadap pelestarian adat dan budaya dari Nusa Utara. 

“Hampir tiap tahun saya diundang untuk menghadiri acara tulude yang dilaksanakan Pemkot Manado. Ini bukti bahwa, GSVL peduli dengan pelestarian budaya warga nusa utara di kota Manado,” ujar Sasauw ketika menghadiri acara resepesi pernikahan salah satu warga Talaud di kawasan ring road tadi malam.

(*Tim)