Rizya Ganda-Davega (Isteri Joune Ganda), Ba Beli Bahan Dapur di Pasar Likupang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Rizya Ganda-Davega (Isteri Joune Ganda), Ba Beli Bahan Dapur di Pasar Likupang

Menelisik Rizya Ganda-Davega saat membeli bahan dapur (Foto: Ist)

Sulut24.com - Minahasa Utara, Jika ada yang mengatakan kunci sukses seorang suami tak lepas dari kebijaksanaan isterinya, ternyata itu bukanlah isapan jempol, namun benar adanya.

Tidak usah jauh-jauh mencari sumber. Menelisik Rizya Ganda-Davega yang tidak lain adalah isteri tercinta dari Calon Bupati Minut Joune Ganda (JG).

Bisa dikatakan sukses dalam berbagai hal, Rizya Ganda-Davega ternyata tidak mau berpangku tangan menunggui suami tercinta keluar pagi berkampanye dan pulang malam hari.

Ibu rumah tangga yang sudah menjalani hidup diatas rata-rata orang sukses ini, ternyata tidak "Alergi" dengan aktifitas pasar tradisional.

Pasalnya, situasi Pasar Likupang, Kecamatan Likupang Minut yang dikenal cukup panas dan terik disambanginya

Perempuan cantik berdarah Jakarta ini turun lapangan mendampingi suami untuk membangun Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menjadi kabupaten yang tak kalah dengan kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

Rizya sadar peranan seorang isteri yang harus mendampingi suami dalam keadaan apapun. Makanya ia sering belajar memasak masakan khas daerah ini untuk keluarga, baik hidangan utama (main course) hingga hidangan penutup (dessert) dan aneka kue.

Teranyar, Rabu (28/10/2020) Rizya terpantau belanja di Pasar Tradisional Likupang II usai mendampingi Rita Dondokambey Tamuntuan (istri Gubernur Olly Dondokambey), Dr Kartika Devi Tanos (istri Wagub Steven Kandouw), dan Martha Lolong Kalesaran (istri Ketua Dewan Minut).

Terungkap, ternyata para istri calon kepala daerah dari PDIP ini berencana akan memasak dan menyerahkan bantuan ke Panti Sosial Tresna Werda Bethania Paslaten.

Tanpa canggung, Rizya menyapa masyarakat, sehingga tubuh putih mulus mengenakan setelan merah itu langsung dikerubuti ibu-ibu yang juga ikut berbelanja di pasar.

Rizya pun terus menyapa warga dan turut membagikan masker sampai ke sudut-sudut pasar dikelilingi sambil membeli bahan makanan untuk kegiatan nanti. 

“Eh, bu biar sibuk, jangan lupa jaga kesehatan, harus selalu pake masker, biar tidak kena Covid-19,” ajak Rizya yang terdengan lancar berdialeg Manado ini. 

Karakter cerdas, ramah namun mengandung wibawa yang berpendidikan seorang Rizya Ganda-Davega, membuat masyarakat terutama para orangtua dan ibu-ibu, terpesona.

"Mari pilih pasangan calon bupati dan wakil yang mampu membawa perubahan positif dan meratakan pembamgunan di Minut ini, menjadi lebih baik, agar masyarakat sejahtera. Dengan memilih calon yang tepat, otomatis semua sektor yang ada akan ditingkatkan pula. Gunakan hak pilih, jangan golput, dan pilihlah calon yang mampu peduli rakyat, sebelum terpilih, bukan nanti kalau sudah terpilih," tandas Rizya polos.

Tak pelak, ajakan ini membuat kagum warga di pasar karena langsung merasa akrab dengan sosok terlihat begitu ramah menyapa warga ini.

"Ini Ibu memang sangat cocok dengan suaminya Joune Ganda. So yanda heran itu Pak JG pe fasung dan enerjik. Baru kwa dia pe isteri pe gagah deng cerdas bagini," ujar Om Ilong warga Likupang I yang kebetulan ada di Pasar Likupang.

Sedangkan Ibu Ima Dolongseda bersimpati dengan sikap ramah Rizya yang dinilainya memiliki sifat menghormati dengan orang yang lebih tua.

"Aduh, Ibu Rizya so pe cantik, ramah, tidak sombong lagi. Torang doakan supaya Ibu Rizya pe suami terpilih nantinya. Yang penting jangan lupa torang pe jalan dan infrasteuktur disini neh Ibu," pinta wanita asal Kampung Ambon itu. 

(Joyke)