Tanggapi Tuntutan, DPRD Sangihe Bakal Dampingi Warga Temui Bupati - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas


Tanggapi Tuntutan, DPRD Sangihe Bakal Dampingi Warga Temui Bupati

Pertemuan perwakilan warga dengan anggota DPRD Sangihe (Foto: Simon)

Sulut24.com - Tahuna, Kekesalan warga dari beberapa kampung di wilayah Kepulauan Sangihe terkait belum ditindaklanjutinya sejumlah rekomendasi DPRD sepertinya mulai mereda menyusul janji dan komitmen wakil-wakil rakyat tersebut yang bersedia memfasilitasi dan mendampingi warga untuk bertemu langsung dengan Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, SE., ME.

Hal itu terungkap ketika sejumlah pimpinan dan anggota DPRD Sangihe menerima perwakilan warga dari tujuh kampung yang didampingi pengurus LP-KPK Komcab Sangihe di ruang kerja Ketua DPRD Sangihe, Jumat (16/10/2020). 

Pertemuan antara DPRD dan perwakilan warga yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Sangihe, Michael Thungari tersebut sebelumnya membahas permasalahan yang terjadi di kampung Taloarane, Hiung, Belengang, Kawaluso, Laine, Naha dan Salurang yang sebagian besar belum tuntas meskipun telah dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang menghasilkan rekomendasi DPRD.

Sayangnya, hingga bulan ke tujuh, rekomendasi tersebut seolah diabaikan oleh pemerintah daerah.

”Kami datang mempertanyakan lagi rekomendasi DPRD yang tidak di-indahkan pemerintah,” ujar Maskun Pamikirang, perwakilan warga kampung Kawaluso.

Senada dikatakan Engel Simon, warga kampung Taloarane yang ikut meminta DPRD Sangihe mengambil sikap terkait "pelecehan" terhadap rekomendasi yang telah dikeluarkan lembaga tersebut. 

”Rekomendasi ini telah dilecehkan oleh pemerintah daerah. Dewan harus mengambil sikap,” kata Simon berapi-api.

Menangggapinya, anggota DPRD Sangihe sepakat memfasilitasi dan mendampingi warga untuk mempertanyakan langsung masalah tersebut ke Bupati Kepulauan Sangihe.

”Kami akan fasilitasi dan dampingi warga bertemu Bupati agar warga bisa mendengar secara langsung penjelasan dan alasan pemerintah yang tidak menindaklanjuti rekomendasi DPRD tersebut. KKembali dari perjalanan luar daerah, agenda ini yang akan kami prioritaskan,” tegas Wakil Ketua DPRD, Ferdy Sondakh, Risal Paul Makagansa dan Max Pangimangen yang ikut diamini legislator lainnya. (Johan)