Dalam Sehari, Onibala Hadiri Kegiatan di Empat Kecamatan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Dalam Sehari, Onibala Hadiri Kegiatan di Empat Kecamatan

Pjs Bupati Minsel, Drs. Meiki M. Onibala MSi bersama rombongan sedang membawakan puji-pujian di GPdI 'Ekklesia' Pusat Motoling. (foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com - Minsel, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minahasa Selatan  (Minsel), Drs. Meiki M. Onibala MSi secara marathon dalam sehari menghadiri sejumlah kegiatan di empat kecamatan berbeda, masing-masing Kecamatan Motoling, Tompasobaru, Tumpaan dan Tatapaan, pada Minggu (15/11/2020). 

Agenda kerja Onibala diawali dengan mengikuti ibadah bersama jemaat GPdI 'Ekklesia' Pusat Motoling, di Desa Motoling, Kecamatan Motoling.

Saat beribadah di gereja yang dipimpin Gembala Pdt. Dr. G.H. Tewal STh, MA ini, Onibala turut didampingi istri tercinta Grace Sekoh S.Sos dan dua staf khusus masing-masing Ners Olly H. Kadjiman dan Gembala Pdt. Steven Rambi STh. 

Turut hadir pula Camat Motoling Timur, Ifke Pondaag SE, MM dan Ketua Pelayanan Pria Pantekosta (Pelprip) Komisariat Minsel Dua, Wendy Gerungan. 

Dalam sambutannya, Onibala mengatakan, meski hanya bertugas selama 71 hari terhitung sejak 26 September hingga 5 Desember 2020 mendatang, namun dia telah berusaha berbuat yang terbaik bagi kesejahteraan rakyat Minsel. 

Di bawah kepemimpinannya, banyak program pro rakyat yang dianggarkan dalam APBD 2021.  Sejumlah program pro rakyat yang digagas Onibala, antara lain tunjangan bagi para tokoh agama sebesar Rp750.000 per bulan, dan tunjangan bagi kaum lanjut usia (lansia) senilai Rp500.000 per bulan. 

Onibala juga telah memerintahkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Minsel yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Denny Kaawoan SE, MSi untuk menganggarkan kenaikan gaji bagi Tenaga Harian Lepas (THL) dan guru honorer serta tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi seluruh  Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Minsel. 

"Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel juga akan memberikan santunan dana duka dan diharapkan dapat berlanjut terus hingga tahun-tahun berikutnya dengan nominal yang lebih tinggi dari sebelumnya,'' kata Onibala.

Meski belum bisa sebesar yang diberikan oleh Pemkab Minahasa dan Minahasa Tenggara (Mitra). Tapi, setidaknya ada kenaikan dibandingkan nominal sebelumnya yang hanya Rp.500 ribu per KK.  

''Berapa nominal kenaikannya, masih akan dibahas bersama dengan pihak legislatif,’’ beber Onibala.

Pada kesempatan itu, Onibala juga mengajak jemaat setempat untuk menyukseskan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Masyarakat bersama pemerintah harus menjaga keamanan dan ketertiban, agar pelaksanaan pilkada serentak dapat berlangsung aman, lancar dan sukses. Mari kita ciptakan pilkada yang bermartabat dan berintegritas," imbau Inspektur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini.

Birokrat senior dan handal ini juga mengingatkan masyarakat agar tidak menjadi golput. Sebab, kata dia, masa depan Kabupaten Minsel dan Provinsi Sulut lima tahun kedepan, ada di tangan rakyat. 

"Gunakanlah hak politik kita dan pilihlah pemimpin masa depan yang sesuai dengan hati nurani kita masing-masing. Kita boleh saja berbeda pilihan, tapi jangan sampai golput dan terpecah-belah,'' ujarnya sembari mewanti-wanti agar aparat pemerintah bersikap netral dan tidak mengintimidasi masyarakat.

Pada kesempatan itu, Onibala atas nama Pemkab Minsel menyalurkan bantuan dana sebesar Rp25 juta bersumber dari APBD Minsel 2021 ditambah dana CSR dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut senilai Rp25 juta.

Sejam kemudian Onibala bersama rombongan bertolak menuju Desa Pinaesaan, Kecamatan Tompasobaru. Kali ini Onibala mengikuti kebaktian pentahbisan menara lonceng gereja GMIM ‘Imanuel’ Pinaesaan, Wilayah Tompasobaru Satu. 

Kegiatan ibadah ini, turut dihadiri pula Calon Gubernur (Cagub) Sulut, Olly Dondokambey SE, Calon Bupati (Cabup) Minsel Franky Donny Wongkar SH, dan Wakil Ketua DPRD Minsel, Stefanus Lumowa SE.

Pada hari itu, mantan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Minahasa Tenggara (Mitra) ini juga turut menghadiri kegiatan peletakan batu pertama pembangunan gedung pastori GPdI ‘Mawar Sharon’ Tompasobaru, di Desa Tompasobaru Satu. 

Menjelang sore, Onibala lalu bertolak menuju Desa Tumpaan baru, di Kecamatan Tumpaan dan Desa Wawona, di Kecamatan Tatapaan. Di Desa Tumpaan Baru, Onibala menghadiri acara syukuran HUT salah satu tokoh masyarakat setempat.

Sementara di Desa Wawona, Onibala mengikuti ibadah pranatal Jemaat GPdI Filadelfia yang dirangkaikan dengan peringatan HUT gembala setempat.(Simon)