Jelang Akhir Tahun, Fatoni Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Jelang Akhir Tahun, Fatoni Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Forkopimda Sulut saat meninjau peralatan penanganan bencana (Foto: Ist)

Sulut24.com - Manado, Pjs. Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Agus Fatoni pimpin  Apel Kesiapsiagaan Dalam Penanggulangan Bencana Tahun 2020 di Lapangan KONI Sario, Kota Manado, Selasa (3/11/2020).

Kepada awak media usai gelaran Apel tersebut, Pjs. Gubernur Sulut menuturkan bahwa kegiatan Apel tersebut digelar dengan tujuan untuk mempersiapkan dan meningkatkan kesiapan semua unsur dalam penanggulangan bencana. 

Ia menuturkan baik pemerintah, masyarakat relawan serta sarana dan prasarana harus selalu siap agar dapat menekan risiko bencana alam di Sulut. "Selain itu, pemerintah daerah juga terus meningkatkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, menyiapkan posko dan anggaran dalam penanganan bencana," ucap Fatoni. 

Dia pun menghimbau agar seluruh masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan karena menurutnya berdasarkan pengalaman yang telah dilewati pada akhir tahun sering terjadi bencana. Namun menurutnya secara garis besar saat ini Sulawesi Utara sudah siap untuk menghadapi cuaca buruk dan potensi bencana yang kemungkinan tejadi. 

"Sulut sangat siap untuk menghadapi cuaca buruk dan menghadapi bencana yang mungkin terjadi dengan sinergi dan koordinasi dengan seluruh elemen baik TNI, Polri pemerintah pusat, daerah, relawan dan masyarakat," tuturnya.

Selain itu pada kesempatan tersebut Pjs. Gubernur juga menghimbau agar seluruh kegiatan yang digelar di wilayah Sulawesi Utara untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak. 

Terpantau kegiatan Apel tersebut turut dihadiri oleh Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang, Kapolda Sulut Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra Simanjuntak, Kabinda Sulut Kolonel Laut (P) Adriansyah, Kajati Sulut Andi Muh. Iqbal Arief, Danlanudsri Kolonel Pnb Abram Tumanduk, Kepala BNPB Sulut Joy Oroh dan Sekprov Sulut Edwin H. Silangen. (Fn)