Kunjungi Tiga Kecamatan di Minsel, Onibala Imbau Warga Sukseskan Pilkada - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Kunjungi Tiga Kecamatan di Minsel, Onibala Imbau Warga Sukseskan Pilkada


Pjs. Bupati Minsel Drs. Meiki M. Onibala, MSibersama istri tercinta Grace Sekoh, SE dan sejumlah pejabat Pemkab Minsel membawakan puji-pujian (foto: Sulut24/Simon)


Sulut24.com - Minsel, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minahasa Selatan  (Minsel), Drs. Meiki Marthen Onibala, MSi secara marathon dalam sehari menghadiri sejumlah kegiatan di tiga wilayah Kecamatan, yakni Motoling, Motoling Barat dan Maesaan, pada Minggu (01/10/2020). Usai melawat tiga kecamatan di Kabupaten Minsel, pada hari yang sama Onibala bahkan berkesempatan berkunjung ke kabupaten tetangga, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). 

Agenda kerja Onibala diawali dengan mengikuti ibadah bersama jemaat GPdI ‘Glorya’ Tondey, di Desa Tondei Dua, Kecamatan Motoling Barat. Saat beribadah di gereja yang dipimpin Gembala Pdt. Stientje Lumenta Rindorindo dan gembala pendamping Pdt. Ezra Lumenta ini, Onibala turut didampingi istri tercinta Grace Sekoh SE, dan Plt Kadis PUPR Herry Runtuwene SE. 

Turut hadir pula sejumlah staf khusus dan staf ahli bupati, Camat Motoling Barat Ruddy Liow, MPd, Hukum Tua Tondey Dua Harold Mantik, S.Kom, Hukum Tua Tondey Satu Nita Lumapow, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama Desa Tondey.

Untuk menopang kegiatan pembangunan gedung pastori GPdI ‘Glorya’ Tondey, Onibala berkenan menyalurkan bantuan dana sebesar Rp20 juta bersumber dari APBD Minsel 2021 dan dana CSR Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut senilai Rp25 juta.

Dalam sambutannya, Onibala mengimbau masyarakat setempat untuk menyukseskan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Masyarakat bersama pemerintah harus menjaga keamanan dan ketertiban agar pelaksanaan pilkada serentak dapat berlangsung aman, lancar dan sukses. Mari kita ciptakan pilkada yang bermartabat dan berintegritas," imbau Inspektur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini.

Pada kesempatan itu, Onibala juga mengingatkan masyarakat agar tidak menjadi golput. Sebab masa depan Kabupaten Minsel dan Provinsi Sulut lima tahun kedepan, kata Onibala, ada di tangan rakyat. 

"Sebagai warga negara yang baik, kita tidak boleh golput. Gunakanlah hak politik kita dan pilihlah pemimpin masa depan yang sesuai dengan hati nurani kita masing-masing. Kita boleh saja berbeda pilihan, tapi jangan sampai terpecah-belah apalagi terprovokasi dengan isu-isu yang menyesatkan," tandas Onibala sembari mewanti-wanti agar aparat pemerintah bersikap netral dan tidak mengintimidasi masyarakat.

Sejam kemudian, Onibala dan rombongan bertolak menuju Desa Raanan Baru, Kecamatan Motoling Barat. Kali ini Onibala bersama rombongan mengikuti ibadah di GPdI ‘Betlehem’. Di gereja yang dipimpin Gembala Drs. Hanny Kolondam, STh ini, mantan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Minahasa Tenggara (Mitra) ini juga menyalurkan bantuan dana sebesar Rp20 juta bersumber dari APBD Minsel 2021 ditambah dana CSR Pemprov Sulut senilai Rp25 juta. 

Turut hadir pada kesempatan itu, Hukum Tua Desa Raanan Baru Rudy Kodongan SE, sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Usai santap siang bersama para hamba Tuhan di gedung pastori, Onibala dan rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju Desa Temboan, Kecamatan Maesaan. Di desa ini, Onibala menghadiri hajatan ‘’kumawes’’ (acara mingguan duka) saudara dari ibu Merry M. Lombogia. 

Tak lama kemudian, Onibala dan rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju Desa Lalumpe, Kecamatan Motoling. Kedatangan Onibala dan rombongan disambut Hukum Tua Vilany Kewo, SPd serta tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat. 

Di desa yang terdiri dari enam dusun dan dihuni 250 KK ini, Onibala menghadiri ibadah peringatan 40 hari meninggalnya ibu Disye Onibala (keluarga Taroreh-Onibala) yang dirangkaikan dengan perayaan HUT dua anggota keluarga tersebut.

Agenda kerja hari itu diakhiri dengan mengunjungi Kabupaten Minahasa Tenggara. Kali ini Onibala dan rombongan menghadiri hajatan resepsi pernikahan yang digelar di lokasi Perkebunan Lamet, di Kecamatan Ratahan. 

Sehari sebelumnya, Sabtu (31/10/2020), Onibala menghadiri ibadah pentahbisan gedung pastori GPdI 'Haleluya' Elusan, Kecamatan Amurang Barat. Pentahbisan dilakukan oleh Ketua Majelis Daerah (MD) GPdI Sulut, Pdt. Yvonne Awuy Lantu, sementara pelayanan firman dibawakan oleh Pdt. Hanny Awuy, S.Th.

Turut hadir pada kesempatan itu, Camat Amurang Barat Sonny Makaenas, AP, SIP, MSi bersama para hamba Tuhan dan tokoh masyarakat setempat. 

(Simon)