Olly Resmikan Menara Lonceng Gereja, Tompasobaru Jadi ‘Lautan Merah’ - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Olly Resmikan Menara Lonceng Gereja, Tompasobaru Jadi ‘Lautan Merah’

Calon Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE disaksikan Cabup Minsel, Franky Donny Wongkar SH dan Wakil Ketua DPRD Minsel, Stefanus Lumowa SE sedang menggunting pita menara lonceng. (foto: Sulut24/Simon

Sulut24.com - Minsel, Calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Utara (Sulut) nomor urut 3, Olly Dondokambey SE berhasil "memerahkan" wilayah Kecamatan Tompasobaru, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Minggu (15/11/2020). Hari itu, wilayah Kecamatan Tompasobaru benar-benar menjadi ‘lautan merah’.

Untuk menuju wilayah Kecamatan Tompasobaru, Olly bertolak dari Manado menggunakan helikopter. Setibanya di landasan helikopter di Desa Tumani, Cagub petahana yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan koalisi sejumlah partai politik (parpol) ini, disambut meriah ribuan massa pendukung dan simpatisan dari Kecamatan Tompasobaru dan sekitarnya. 

Arakan-arakan motor dan mobil memadati ruas jalan utama hingga lorong-lorong jalan pedesaan demi menyambut kedatangan calon pemimpin daerah yang sangat diidolakan rakyat Sulut ini.

Setibanya di Desa Tumani, Olly langsung dijemput Calon Bupati (cabup) Minsel, Franky Donny Wongkar SH dan Wakil Ketua DPRD Minsel yang juga Ketua DPC PDIP Minsel, Stefanus Lumowa SE. 

Olly dan rombongan lalu melanjutkan perjalanan dengan mobil menuju gedung gereja GMIM ‘Imanuel’ Pinaesaan, Wilayah Tompasobaru Satu.

Di gedung gereja ini, Olly bersama rombongan mengikuti ibadah pentahbisan sekaligus peresmian menara lonceng gereja. Ibadah dipimpin Sekretaris Departemen Litbang dan Kearsipan Badan Pekerja Sinode (BPS) GMIM, Pdt. Melky Tamaka MTh. 

Turut hadir pada kesempatan itu, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minsel, Drs. Meiki M. Onibala MSi, dua anggota DPRD Minsel, Jonly Ombeng dan Jerry Pangkey, pemerintah kecamatan dan desa setempat.

Selain sebagai Cagub Sulut, kehadiran Olly di tengah-tengah jemaat GMIM ‘Imanuel’ Pinaesaan, juga dalam kapasitasnya sebagai Ketua Majelis Pekerja Harian (MPH) Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI). 

Saat menghadiri ibadah, Cagub OD dan Cabup FDW juga mendapat penguatan melalui doa dan pengutusan dari pendeta dan pelayan khusus setempat.

Dalam sambutannya, Olly mengimbau masyarakat agar tetap patuh protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

“Laksanakan imbauan pemerintah, mulai dari hidup bersih, pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak,” imbaunya. 

Menjelang pilkada serentak 9 Desember mendatang, Ketua DPD PDIP Sulut ini juga mengimbau jemaat untuk tetap menjaga persatuan dan persaudaraan. 

“Jangan sampai muncul virus kebencian di antara kita hanya karena perbedaan pilihan. Mari kita terus jaga kebersamaan, persatuan dan persaudaraan.  Pilkada hanya sesaat, tapi pertemanan dan kebersamaan harus selamanya,” imbau Olly.

Pada kesempatan itu, Cagub Olly atas nama keluarga Dondokambey-Tamuntuan dan Cabup Wongkar atas nama keluarga Wongkar-Sumual menyalurkan bantuan dana kepada Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) GMIM ‘Imanuel’ Pinaesaan.

Acara kemudian dilanjutkan di luar gedung gereja, kali ini di lokasi menara lonceng gereja.

Usai ditahbiskan oleh Pdt. Melky Tamaka MTh, menara lonceng gereja itu lalu diresmikan oleh Olly yang ditandai dengan pengguntingan pita. 

Turut menyaksikan, Pdt. Melky Tamaka MTh, Cabup Wongkar, dan Wakil Ketua DPRD Minsel, Stefanus Lumowa SE. 

Setelah memasuki areal menara lonceng, Cagub Olly kemudian menarik tali lonceng gereja dimana untuk pertama kalinya lonceng gereja yang merupakan pemberian Olly ini didentangkan. 

Calon Gubernur Sulut nomor urut 3, Olly Dondokambey SE disaksikan Calon Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar SH sedang menarik tali lonceng (foto: Sulut24/Simon)

Gema bunyi lonceng itupun langsung disambut aplaus oleh jemaat setempat. Mereka tampak terharu bercampur rasa bangga dan syukur. 

Pasalnya, setelah melewati pergumulan yang cukup panjang, akhirnya jemaat setempat bisa merampungkan pembangunan menara lonceng gereja tersebut. 

Lebih membanggakan lagi, baik pengadaan lonceng maupun peresmian menaranya, dilakukan langsung oleh Olly.  

Usai menikmati hidangan santap siang dan sempat foto bersama kaum lanjut usia (lansia), para hamba Tuhan dan pelayan khusus (pelsus) serta berbagai elemen masyarakat setempat, Cagub Olly didampingi Cabup Wongkar dan Lumowa kemudian bertolak menuju Desa Tompasobaru Satu. 

Kali ini, Olly memenuhi undangan jemaat GPdI ‘Mawar Sharon’ Tompasobaru untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung pastori. 

Kedatangan Olly dan rombongan disambut Gembala Efraim Mussu STh dan Hukum Tua Desa Tompasobaru Satu yang juga Ketua Panitia Pembangunan, Naomi Loah Iroth. Turut hadir pula, Pjs Bupati Minsel, Drs. Meiki M. Onibala MSi bersama pemerintah kecamatan dan desa setempat.

Menanggapi permintaan pihak panitia pembangunan terkait anggaran yang dibutuhkan untuk membangun gedung pastori berkonstruksi dua lantai itu, dalam sambutan singkatnya Olly menyatakan kesediaannya untuk memberikan bantuan dana. 

"Untuk menopang pembangunan gedung pastori ini, saya bersedia memberikan bantuan dana sebesar 250 juta rupiah," kata Olly yang disambut aplaus jemaat setempat.  

Bantuan dana segar juga datang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel melalui Pjs Bupati Onibala, yakni sebesar Rp20 juta bersumber dari APBD Minsel 2021. 

Usai membawakan sambutan singkat, Olly didampingi Gembala Efraim Mussu STh segera menuju areal pembangunan gedung pastori yang terletak di samping gedung gereja. 

Olly didampingi Pjs Bupati Onibala, Cabup Wongkar dan Lumowa kemudian secara berturut-turut melakukan peletakan batu pertama.

Cagub Olly mengakhiri agenda kerjanya di Kecamatan Tompasobaru dengan mengunjungi Desa Tompasobaru Dua. Di desa ini, Olly melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung gereja GPdI 'Parakletos. (Bryan/Simon)