Siregar Ingatkan Jajaran Bawaslu Agar Tidak Ragu Gunakan Kewenangan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Siregar Ingatkan Jajaran Bawaslu Agar Tidak Ragu Gunakan Kewenangan

Pimpinan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Frits Edward Siregar (Foto via Humas Bawaslu Sulut/Facebook)

Sulut24.com - Manado, Pimpinan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Frits Edward Siregar mengajak seluruh jajaran Bawaslu Sulut dan daerah lainnya untuk tidak ragu dalam menggunakan kewenangan sebagai anggota Bawaslu.

Hal tersebut disampaikan pada acara ngobrol Pilkada yang merupakan bagian dari program Ba Ronda (Bawaslu Ba Ron Awasi Pilkada) yang diselenggarakan oleh Bawaslu Sulut di kawasan Rumah Alam Manado Adventure Park, Sabtu (21/11/2020).

Pada kasempatan tersebut Siregar kembali mengingatkan bahwa tugas Bawaslu adalah memberikan keadilan Pemilu, melakukan fungsi pengawasan serta menjaga suara rakyat. "Menjaga agar tidak ada hak pilih rakyat yang hilang dan juga memberikan perlindungan kepada masyarakat," ucap Siregar. 

"Pergunakanlah kewenangan yang bapak ibu miliki dengan sebaik-baiknya, jangan ragu dan jangan takut didalam melakukan fungsi pengawasan," lanjutnya. 

Siregar juga menuturkan bahwa Komisi II DPR RI telah meminta jaminan keamanan dari Polri dan TNI bagi para penyelenggara Pemilu. 

"Ini bukan hanya kepada Bawaslu, tapi juga kepada teman-teman di KPU. Artinya keamanan Bapak-Ibu dalam menjalankan tugas itu dilindungi oleh Undang-undang. Berindak lah tegas dan bertindaklah cermat," tandas Siregar. 

Lanjutnya, fase Pilkada akan memasuki fase pemungutan suara yang menjadi fase terpenting dari seluruh fase Pilkada. Untuk itu Ia kembali menegaskan agar jajaran pengawas tidak ragu dalam menjalankan tugas dan kewenangan yang telah diberikan. 

"Kami Bawaslu republik Indoensia akan mendukung setiap pekerjaan yang akan Bapak-Ibu lakukan," ucap Siregar. (Fn)