Wawali Manado Diharapkan Konsisten Dan Komitmen - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Wawali Manado Diharapkan Konsisten Dan Komitmen

Wakil Walikota Manado Mor Bastian (Foto via sulawesion.com)

Sulut24.com - Manado, Elit-elit parpol yang sukses menerima amanat masyarakat Kota Manado untuk duduk di DPRD Manado, diharapkan konsisten dan komitmen untuk tetap berjuang kepentingan masyarakat kecil dan bukan untuk kepentingan kelompok, kepentingan pribadi, termasuk kepentingan parpol jelang pilkada 09 Desember 2020 mendatang. Selain sudah meresahkan masyarakat, kepentingan politik sesaat dipastikan akan berdampak buruk terhadap masyarakat, termasuk hilangnya kepercayaan publik terhadap DPRD maupun parpol itu sendiri.

Jika fenomena ini tidak dihilangkan, maka bisa dipastikan bahwa banyak belanja-belanja modal dan rutinitas yang tertata di RAPBD tahun 2021, terpaksa harus dikorbankan hanya untuk sebuah kepentingan politik. 

“Saya juga berharap pak wakil Walikota (Maksudnya Mor Bastian) harus konsisten dan komit untuk mengawal kebijakan anggaran ini di DPRD Manado. Karena, status Mor Bastian saat ini hanya cuti karena mengikuti pilkada,” jelas pemerhati kota Manado Dirno Kagho, .Sos. M.Si.

Staf pengajar di salah satu PTS (Perguruan Tinggi Swasta) di Manado ini mengatakan, sangat kontra-produktif jika dalam banyak kesempatan wakil Walikota Manado menyampaikan bahwa program dana lansia, dll merupakan program bersama Walikota GS Vicky Lumentut, sementara tindakan politik dilapangan justru berbeda. 

“Sebagai elit partai demokrat, saya percaya Mor Bastian akan mampu memainkan peranan politik di DPRD Manado, menyakinkan partai demokrat, bahkan melakukan lobi-lobi politik untuk kepentingan bersama bukan sebaliknya,” saran Dirno penuh heran.

Kenapa wakil Walikota Manado harus konsisten, karena lanjut Dirno, masa jabatan paket GSVL-MOR nanti akan berakhir 09 Mei 2021 mendatang. 

“Secara hukum dan politik, tata kelolah pemerintahan untuk sementara dijalankan sendiri oleh Lumentut termasuk pembahasan APBD-P tahun 2020 dan pengajuan RAPBD tahun 2021 dan ini perintah undang-undang bukan kemauan sendiri Lumentut,” ucap Dirno.

Sebelumnya, Walikota Manado DR. GS Vicky Lumentut mengatakan, sebelum memasuki cuti kampanye, dirinya sudah menyampaikan niat baik kepada Mor Bastian dalam kapasitas sebagai wakil Walikota saat itu untuk mengawal pembahasan APBD-P tahun 2020 yang didalamnya banyak menjembatani kebutuhan mendasar warga kota Manado diera pandemi termasuk dana lansia, dll. Hanya saja, Lumentut menyayangkan kondisi politik dilapangan berbanding terbalik dengan kesepakatan yang dilakukan sebelumnya.(*)