Kajari Sangihe & LP-KPK Ajak Komponen Masyarakat Berantas Tipikor - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Kajari Sangihe & LP-KPK Ajak Komponen Masyarakat Berantas Tipikor

Suasana program dialog interaktif (Foto: Ist)

Sulut24.com - Sangihe, Momentum Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia) yang diperingati setiap tanggal 9 Desember dijadikan semangat dalam upaya pemberantasan korupsi.

Hal itu mengemuka dalam dialog publik Jaksa Menyapa yang diselenggarakan RRI Tahuna, Jumat (4/12/2020) di aula Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe.

Tampil sebagai nara sumber, Kajari, Yunardi SH MH bersama Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe. Sementara, dari unsur LSM, hadir ketua Lembaga Pengawasan - Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP-KPK) Komcab Sangihe, Johan Lukas.

Dalam pemaparannya, ketua LP-KPK Sangihe menyatakan, upaya pencegahan maupun pemberantasan korupsi bukan hanya tugas Aparat Penegak Hukum (APH), tapi menjadi tanggung jawab smua komponen masyarakat. Dirinya juga memberi penekanan kepada aparat kejaksaan untuk tetap mengutamakan pencegahan dengan tidak mengabaikan langkah penindakan jika ditemukan unsur niat atau dengan sengaja melakukan tindakan korupsi tersebut.

"Kita sangat mendukung upaya pencegahan, tapi perbuatan melawan hukum dari pelaku dengan niat melakukan korupsi harus pula di hukum," tegas Lukas.

Disisi lain, Kajari Sangihe menegaskan, pencegahan terus dilakukan dengan berbagai upaya termasuk berkoordinasi dengan APIP dan instutusi audit lainnya.

Saat ini, kata Yunardi, pihaknya fokus menangani berbagai pengaduan masyarakat yang didominasi kasus Dana Desa (Dandes). 

"Ada sekian banyak pengaduan Dandes yang sementara kami dalami, sebagian telah diajukan ke pengadilan, sebagian lainnya sudah diputus pengadilan," jelasnya.

Selain itu, tambah Kajari yang dekat dengan insan pers ini, kejaksaan juga terus mendalami kasus - kasus lain yang sudah cukup lama ditangani korps baju cokelat ini.

"Kedepan, kami butuh peran serta semua komponen masyarakat untuk menunjang kerja kejaksaan. Kami sangat terbuka bagi semua masyarakat yang ingin berperan dan berpartisipasi terutama dalam upaya pemberantasan korupsi. Ini tanggung jawab kita semua," tegasnya. (Vickh)