Mensos Risma Analisa dan Beri Solusi Terkait Bencana Alam di Manado - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Mensos Risma Analisa dan Beri Solusi Terkait Bencana Alam di Manado

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini saat melakukan wawancara dengan awak media (Foto: Sulut24/Fn)

Sulut24.com – Manado, Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja perdana di wilayah Provinsi Sulawesi Utara pada Rabu (20/1/2021). 

Pada kunjungan kerja tersebut, Mensos RI meninjau secara langsung lokasi-lokasi yang terdampak banjir dan tanah longsor di wilayah Manado. 

Kepada awak media, Tri Rismaharini menuturkan bahwa berdasarkan analisanya, bencana banjir yang melanda Manado disebabkan oleh air laut yang naik dan disertai curah hujan yang tinggi sehingga pembuangan air dari darat tidak maksimal. 

“Saya menganalisa dari rob air laut naik, sementara dari atas curah hujan tinggi, kemudian dia tidak bisa keluar air yang dari atas karena air lautnya tinggi,” jelas Risma usai mengunjungi dan memberikan bantuan kepada keluarga korban bencana tanah longsor di Jalan Sea, Malalayang Satu Barat.  

Untuk itu, Mensos yang belum lama dilantik ini menuturkan kedepannya harus dibangun pintu air yang memadai untuk pembuangan air dari darat, selain itu, Mensos menyebutkan bahwa harus juga disiapkan mesin pompa air untuk mendukung pembuangan air. 

“Mungkin kedepan harus ada pintu air dan pompa. Untuk ngurangi air yang dari atas itu dengan pompa, kemudian untuk nahan air yang dari laut, itu bisa dikasih pintu air,” kata Risma. 

Berkaitan denga wilayah rawan longsor, Mensos berujar bahwa opsi yang bisa diberikan adalah melakukan relokasi warga yang berada di wilayah rawan lonsor. Menurutnya saat ini belum ada langkah lain selian relokasi guna mencegah korban akibat bencana tanah longsor. 

Terkait relokasi, Mensos menuturkan bahwa saat ini sudah ada usulan pembangunan rumah susun untuk warga yang direlokasi dari lokasi rawan bencana tanah longsor. 

“Kalau longsor itu memang harus dipindahkan, karena struktur tanah memang tidak memungkinkan, makanya ada usulan untuk rumah susun,” jelas Mensos. 

Mensos menambahkan terkait ketersediaan pintu air, pompa dan rumah susun nantinya akan dilaporkan kepada Presiden RI Joko Widodo. 

Untuk bantuan kepada korban bencana sendiri, Mesos Risma menuturkan bahwa selain bantuan berupa makanan, pihaknya juga memberikan bantuan berupa berupa barang,  makanan anak-anak dan peralatan dapur rumah tangga.  (Fn)


Advertisement





 

Advertisement