Hadiri Munas Apeksi, Walikota Manado: Perintah Presiden Terus Kerja Hentikan Penularan Covid-19 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Hadiri Munas Apeksi, Walikota Manado: Perintah Presiden Terus Kerja Hentikan Penularan Covid-19

Presiden  Joko Widodo saat bersalaman dengan Walikota Manado DR. Ir. GS Vicky Lumentut (Foto: Ist)



Sulut24.com - Manado, Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut  selaku Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi),  menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Apeksi, yang dibuka, Presiden RI Joko Widodo. Acara yang mengusung tema “Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Penanganan dan Pascapandemi Covid-19” tersebut digelar secara terbatas dan virtual di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis, (11/2/2021), serta dihadiri oleh para peserta melalui konferensi video.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pemerintah kota di seluruh Indonesia yang telah bersama-sama bergerak untuk menangani pandemi Covid-19 beserta dampak yang ditimbulkan akibat Pandemi. 

Pada kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo juga mengingatkan bahwa tugas tersebut belumlah usai karena Pandemi masih berlangsung.

“Saya ingin tegaskan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Kita tetap harus bekerja keras. Kita juga harus semakin detail untuk menemukan cara-cara baru dalam mengatasi permasalahan dan bahkan memanfaatkan kondisi krisis ini untuk meraih kemajuan yang signifikan,” Presiden Joko Widodo.

Sementara itu Walikota Manado menyampaikan bahwa arahan Presiden dapat terus dilakukan terkait sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang tata cara penanggulangan penyebaran Covid-19 di daerah masing-masing.

 “Perintah Pak Presiden kepada seluruh Walikota se-Indonesia agar terus bekerja dalam menghentikan penularan Covid-19 di daerah masing-masing,” ucap Walikota. 

Walikota menambahkan bahwa seluruh jajaran pemerintah kota se-Indonesia wajib melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan 3M dan 3T secara disiplin. 

“Lakukan lockdown skala mikro (kelurahan atau RT/RW)  dibantu TNI/Polri, pastikan pembangian masker kepada masyarakat tetap dilaksanakan selama masa pandemi,” ucap Walikota meneruskan penegasan yang disampaikan langsung Presiden Joko Widodo. 

Tidak hanya itu, Presiden juga memastikan agar seluruh walikota se-Indonesia tetap melanjutkan pemberian vaksin yang sudah disiapkan pemerintah, serta ikut menyiapkan vaksinator di wilayah masing-masing. 

“Pak Presiden juga mengingatkan agar manajemen pemberian vaksinasi dapat disiapkan daerah masing-masing. Rencanakan vaksin per kluster yang banyak berinterkasi orang, misalnya pasar dan fasilitas publik lainnya,” urai Walikota mengutip penagasan yang disampaikan Jokowi tersebut.

Presiden Joko Widodo juga mengingatkan agar seluruh walikota tetap menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta ikut memperbanyak kegiatan padat karya di daerah seperti pembuatan jalan, rehabilitasi gedung serta fasilitas lainnya yang diharapkan dapat membantu ketahanan pangan di daerah masing-masing. 

“Dari pelaksanaan munas Apeksi di Jakarta, saya menyampaikan salam sehat untuk kita semua jangan lupa menerapkan pola hidup sehat, dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” tandas Walikota. (Fn)