Presiden Jokowi Lantik OD-SK di Istana Negara - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Presiden Jokowi Lantik OD-SK di Istana Negara

Suasana pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur oleh Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)


Sulut.24.com , JAKARTA -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut,  Olly Dondokambey  dan Steven O. E. Kandouw (OD-SK), satu paket dengan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP. 

Pelantikan berlangsung di ruangan Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2021).

Mereka resmi menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2021-2024.

Prosesi pelantikan Gubernur-Wagub Sulut dan Gubernur-Wagub Kaltara ini diawali dengan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'. Olly Dondokambey berpasangan dengan Steven O. E. Kandouw. Keduanya adalah pasangan Gubernur-Wagub Sulut petahana.

Pengangkatan Olly Dondokambey-Steven OE Kandouw dan Zainal Paliwang-Yansen TP didasari Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 19/P/2021 dan 21/P/2021.

Olly Dondokambey-Steven OE Kandouw serta Zainal Paliwang-Yansen TP mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu oleh Jokowi. Berikut isi sumpah jabatan yang disampaikan Olly-Steven dan Zainal-Yansen:

Demi Allah/Demi Tuhan saya bersumpah/saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa.

"Bagi saudara-saudara yang beragama Kristen/Protestan, semoga Tuhan menolong saya," kata Jokowi diikuti Olly-Steven.

Setelah pelantikan, Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin memberikan ucapan selamat kepada Olly-Steven dan Zainal-Yansen. Turut hadir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Acara ditutup sesi foto bersama.

Sesuai Kepres tersebut, OD-SK diberi waktu memimpin Sulut selama tiga tahun. Demikian halnya dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dua pasang Gubernur dan Wakil Gubernur tersebut ditayang live oleh TVRI.

OD-SK merupakan pasangan pemenang Pilkada Sulut 2020, yang meraih suara 821.503. Sementara itu Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Kaltara meraih suara sebanyak 45.778 suara.(*)


Advertisement





 

Advertisement