Tiga Kepala Daerah Dilantik 26 Februari - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Tiga Kepala Daerah Dilantik 26 Februari

Joune Ganda-Kevin W Lotulung (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO - Tiga pasang kepala daerah dijadwalkan akan dilantik Jumat (26/ 02/2021) mendatang. Tiga pasang kepala daerah dimaksud adalah Bupati/Wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel),  Bupati/Wakil Bupati Minahasa Utara (Minut) dan Walikota/Wawali Tomohon.

Padahal, periode tugas tiga kepala daerah tersebut sudah berkhir Rabu (17/02/2021). Sejatinya pasangan Bupati dan Walikota terpilih dilantik disaat masa tugas kepala daerah lama berakhir. Apalagi persiapan pelantikan juga sudah dilakukan.

Untuk mengisi kekosongan, tugas-tugas pemerintahan dijalani Pelaksana Harian (Plh). Untuk Tomohon, Menteri Dalam Negeri menunjuk Jemmy Ringkungan sebagai Plh Walikota. 

Terbetik informasi, untuk Plh Bupati Minsel dan Minut tidak disuplay dari pejabat di provinsi. Disebut-sebut Sekretaris Daerah (Sekda) ditugaskan sebagai Plh Bupati. Penugasan tersebut diatur dalam konstitusi.

Dengan demikian, PLH Bupati Minsel diisi Sekab Denny Kaawoan. Asisten I Setkab Minsel Frangky Tangkere Selasa (16/2/2021) lalu membenarkan.

Sesuai arahan Mendagri, Pemkab Minsel sudah menyiapkan kebijakan menerbitkan Surat Keputusan (SK) berupa penunjukan Pelaksana Harian kepala daerah. “Sesuai dengan arahan kemendagri, posisi kepala daerah posisinya dapat diisi oleh Sekab sebagai pelaksana harian,' kata Tangkere.

Arahan dan petunjuk tersebut tertuang dalam Surat Kemendagri Nomor 120/738/OTDA tentang penugasan Pelaksana Harian Kepala Daerah. Surat tersebut diterbitkan di Jakarta pada 3 Februari 2021.

Dengan demikian, surat Kemendagri tersebut berlaku untuk Plh Bupati Minut. Terkonfirmasi, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menunjuk Sekda Minut Jemmy Kuhu sebagai Plh.

Sejumlah pejabat tiga daerah itu menyebutkan, pelantikan tiga kepala daerah itu kemungkinan besar dilaksanakan 26 Februari 2021. Jika molor, dilaksanakan pada awal Maret. Bersama pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Bitung.(*/ag)