Tuwo Pimpin Dinas PUPR, Pandeynuwu Nahkodai Inspektorat - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Tuwo Pimpin Dinas PUPR, Pandeynuwu Nahkodai Inspektorat

Plt Kadis PUPR Minsel, Dekky Jusni Tuwo S.Sos. (foto: ist)


Sulut24.com, MINSEL- Arus perubahan di jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mulai mengalir deras dan sudah tidak bisa dibendung lagi.

Jelang pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Minsel, Franky Donny Wongkar SH dan Pdt Petra Yani Rembang MTh (FDW-PYR), Pelaksana harian (Plh) Bupati Minsel, Denny Kaawoan SE, MSi mulai melakukan penyegaran.

Sejumlah jabatan strategis mulai diisi muka baru. Meski jabatan-jabatan yang diisi, sebagian besar adalah jabatan lowong atau karena pejabat sebelumnya telah dan akan memasuki usia pensiun. Status pejabat yang baru pun, hanya sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Sebanyak delapan pejabat telah mengantongi SK sebagai Plt yang diserahkan langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Minsel, Drs. Ferdinand Roy Tiwa MSi atas nama Plh Bupati, pada Selasa (23/2/2021).

Delapan pejabat tersebut adalah Dekky Jusni Tuwo S.Sos, Olviane Rembet ST, Hendra Pandeynuwu SE, Drs. Rolly Makauli MAP, Merry Lombogia Togas SE, Maggie A.R. Mawitjere SPt, M.Adm.Pemb, Feibe Pussung SPt, MSi, dan Deasy Ratulangi. 

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sebelumnya dipimpin Rudi F. Tumiwa ST, MSi selaku Plt Kepala Dinas (Kadis), kini diganti oleh Dekky Jusni Tuwo S.Sos, juga selaku Plt Kadis.

Mendampingi Tuwo, Olviane Rembet ST ditunjuk sebagai Plt Sekretaris Dinas (Sekdis).

Ditunjuknya Tuwo sebagai nahkoda Dinas PUPR Minsel, bukan tanpa alasan. Alumni APDN Manado tahun 1990 dan FISIP Unsrat 1994 ini merupakan pejabat paling senior dan sarat pengalaman di jajaran Pemkab Minsel.

Plt. Inspektur Kabupaten Minsel, Hendra Pandeynuwu SE.


Tuwo mengabdi di Minsel sejak Kabupaten Minsel terbentuk, dan memekarkan diri dari Kabupaten induk Minahasa pada 2003 silam.

Peraih penghargaan pegawai berprestasi tahun 2001 ini pernah memimpin Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispencapil) Minsel selang 2003 hingga 2010.

Tuwo juga pernah menjabat Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Minsel dan pada tahun 2012 dia pernah pula menjabat Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi.

Dan sejak era Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE dan hingga kini, Tuwo adalah Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan.

Reposisi jabatan  berhembus pula di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya yang juga tak kalah bergengsinya, yakni Inspektorat Kabupaten Minsel.

Posisi Adrie F. Keintjem SH selaku Inspektur,  karena akan memasuki usia pensiun, kini diisi oleh Hendra Pandeynuwu SE selaku Plt Inspektur.

Pandeynuwu merupakan Inspektur Pembantu (Irban) di Inspektorat Kabupaten Minsel. Sebelumnya dia pernah juga menjabat Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Minsel.

Penyegaran juga terjadi di lingkup eselon III. Jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Camat Tumpaan yang sebelumnya dipegang Jemmy Tumiwa, kini dijabat Drs. Rolly Makauli MAP.

Posisi Sekdis Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang sebelumnya dijabat almarhum Novy Pusung kini dipegang Merry Lombogia Togas SE selaku Plt Sekdis. 

Pergantian jabatan juga terjadi di lingkup Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispencapil).

Posisi Julius Rompas STh yang telah pensiun dari jabatan Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan kini diisi oleh Maggie A.R. Mawitjere SPt, M.Adm.Pemb selaku Plt.

Jabatan Kepala Badan (Kaban) Ketahanan Pangan yang sebelumnya dipegang Ir. Nora Saroinsong MSi, kini dijabat Feibe Pussung SPt, MSi selaku Plt.

Para pejabat eselon III yang ditunjuk selaku Plt foto bersama Kepala dan Sekretaris BKD MInsel. (foto: ist)


Sementara posisi Kepala Bidang (Kabid) Pasar di Dinas Perdagangan Minsel yang sebelumnya dijabat Ir. Rita Maukar MSi kini dipegang Deasy Ratulangi selaku Plt.

Sehari sebelumnya, Senin (22/2/2021), jabatan Plt. Camat Motoling juga telah berganti dari Drs. Jendry Umboh ke Ifke Pondaag SIP.

Umboh kembali ke jabatan semula sebagai Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Motoling Timur.

Pada hari yang sama, Juan
Rondonuwu juga mengantongi SK sebagai Plt salah satu Kabid di Dispencapil Minsel. (Simon)