Dampak Robohnya Tower Telkomsel, Warga Desak Perbaiki Jarkom Tabsel Raya - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Dampak Robohnya Tower Telkomsel, Warga Desak Perbaiki Jarkom Tabsel Raya

Tower Telkomsel yang roboh (Foto: Ist)

Sulut24.com, SANGIHE - Badai Siklon Tropis yang memicu cuaca ekstrim di kepulauan Sangihe dalam sepekan terakhir berdampak rusaknya sejumlah rumah warga, jaringan listrik dan jaringan komunikasi disejumlah wilayah.

Pantauan media ini di lapangan, jaringan listrik berangsur normal setelah PLN UP3 Tahuna secara marathon melakukan berbagai perbaikan dan pembersihan jaringan.

Hal yang berbeda terjadi untuk gangguan jaringan komunikasi (Jarkom) milik Provider satu - satunya di Sangihe, Telkomsel.

Pasca robohnya salah satu Tower Telkomsel di kampung Bira Kecamatan Tabukan Tengah pada Senin (19/4/2021) akibat dihantam badai, layanan komunikasi seluler maupun internet di wilayah Tabsel Raya (Tabsel, Tabselteng & Tabseltra) nyaris lumpuh total.

"Sudah 3 hari ini, layanan Telkomsel disini mati total. Kami tak bisa menggunakan handphone untuk berkomunikasi dan menggunakan internet," kata Irvan Mamadoa, warga kampung Pintareng Tabseltra.

Lebih menyedihkan lagi, kata warga lainnya, anak - anak sekolah yang saat ini sangat bergantung pada internet untuk belajar dan menyelesaikan tugas - tugas sekolah terkendala matinya jaringan Telkomsel dalam beberapa hari terakhir ini. "Anak - anak harus mencari jaringan diwilayah kampung lain yang jaraknya hingga belasan kilometer," ujar Kaleb Kapadamu sambil mendesak pihak Telkomsel untuk segera melakukan perbaikan tower dan atau mengupayakan layanan Jarkom secepatnya diwilayah mereka.

Sementara itu, dua pimpinan DPRD Sangihe masing - masing Wakil Ketua, Ferdy "Didi" Sondakh SE dan Michael Thungari SE segera merespon keluhan warga  tersebut.

Menurut Michael Thungari, hal ini bukan hanya karena robohnya  tower di Bira, karena diwilayah Tabsel masih ada tower yang lain. Kendalanya sekarang, kata dia, jaringan listrik untuk suplai power ke tower juga terganggu akibat badai beberapa hari lalu.

"Kita berharap PLN dan Telkomsel sesegera mungkin dapat mengatasi masalah ini dan masyarakat juga dapat bersabar karna kita habis diterjang badai," terang Thungari.

Hal lain disampaikan Ferdy Sondakh. Dirinya mengaku telah menerima keluhan warga dan akan segera mengkomunikasikan dengan pihak Telkomsel. "Keluhan warga sudah jadi perhatian DPRD. Besok, saya akan hubungi Telkomsel untuk membicarakan masalah tersebut" Janji Sondakh. (Johan)