Dibuka Bupati Wongkar, BP2RD Minsel dan Bapenda Sulut Gelar Rapat Optimalisasi PAD - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Dibuka Bupati Wongkar, BP2RD Minsel dan Bapenda Sulut Gelar Rapat Optimalisasi PAD

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH didampingi Wabup Pdt. Petra Yani Rembang, MTh membuka rapat Optimalisasi Peningkatan PAD. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH didampingi Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th dan Sekretaris Daerah (Sekda) Denny Kaawoan, SE, M.Si menghadiri Rapat Optimalisasi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dirangkaikan dengan Sosialisasi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Minsel.

Hajatan yang dibuka langsung oleh Bupati Wongkar ini, digelar di lantai 4 Kantor Bupati Minsel, Selasa (20/4/2021).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Minsel bekerjasama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bapenda Provinsi Sulut, Olvie Atteng, SE, M.Si sebagai pemateri beserta jajaran, dan para Kepala Perangkat Daerah di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel. 

Dalam sambutannya Bupati Wongkar menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut. 

"Kami berharap, sinergitas dan kolaborasi ini dapat terus kita bangun bersama demi mewujudkan Minsel yang Maju, Berkepribadian dan Sejahtera serta Sulut yang Maju dan Sejahtera sebagai pintu gerbang Indonesia ke Asia Pasifik," kata Bupati Wongkar.

Dikatakannya, di tengah-tengah masa pandemi Covid-19 ini Kabupaten Minsel akan terus berupaya dan memberikan terobosan nyata untuk meningkatkan PAD dengan  memanfaatkan berbagai potensi unggulan yang ada.

Bupati Wongkar menegaskan, program Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) adalah terobosan konkrit yang diupayakan pemerintah dalam mendorong Transformasi Digital Daerah (TDD).

"Terobosan ini guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui percepatan dan perluasan, khususnya data transaksi pembayaran ritel di kalangan masyarakat pada umumnya, sehingga dapat memacu peningkatan PAD," tandasnya.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Minsel, Evert F. Kawalo, SE (foto: sulut24/simon)

Pada kesempatan terpisah, Kepala BP2RD Minsel Evert F. Kawalo, SE kepada wartawan menyatakan optimis dapat mempercepat penerapan ETPD di Kabupaten Minsel.

"Untuk mempercepat penerapan ETPD ini, akan dibentuk TP2DD Kabupaten Minsel. Ini perlu dilakukan guna mendukung kelancaran seluruh transaksi ekonomi serta efisiensi dalam pengelolaan Fiskal Daerah," jelas Kawalo. 

Kawalo menambahkan, perkembangan penerapan teknologi informasi dan ekonomi digital yang menunjukan tren yang meningkat, perlu disikapi berbagai pihak, termasuk  Pemerintah Daerah (Pemda).

"Dengan implementasi ETPD ini, pengelolaan keuangan daerah akan lebih efisien, transparan, dan akuntabel,” pungkas Kawalo. (Simon)