Dikawal TNI/Polri, Panji Yosua-GP Ansor, Ibadah Jumat Agung Berlangsung Aman - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Dikawal TNI/Polri, Panji Yosua-GP Ansor, Ibadah Jumat Agung Berlangsung Aman

Pasukan Panji Yosua turut membantu TNI/Polri mengawal ibadah perayaan Jumat Agung di ratusan gereja di Minsel. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Ibadah perayaan Jumat Agung, di 439 gereja dari berbagai denominasi di wilayah hukum Polres Minahasa Selatan (Minsel), berjalan aman, lancar dan kondusif, Jumat (2/4/2021).

Meski digelar secara tatap muka, ibadah memperingati kematian Yesus Kristus tetap dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19 secara ketat.

"Sebanyak 236 personel jajaran Polres Minsel bersama unsur TNI Kodim 1302 Minahasa dilibatkan untuk pengamanan ibadah agung tersebut," ungkap Kapolres Minsel, AKBP S. Norman Sitindaon, SIK yang ditemui wartawan saat memantau langsung pengamanan di Gereja Katolik Kebangkitan Kristus, Amurang.

Dalam kegiatan pengamanan ini, lanjut Kapolres Sitindaon, pihaknya juga mendapat dukungan dari ormas gereja yakni pasukan Panji Yosua dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor dari Nahdatul Ulama (NU).

GP Ansor NU juga ikut mengamankan ibadah perayaan Jumat Agung di Minsel. (foto: Ist)

"Pelibatan personel berskala besar ini sebagai bentuk kolaborasi dan konsistensi sikap kami selaku aparat penanggungjawab keamanan," tandas Perwira Menengah (Pamen) Polri ini.

Ditambahkannya, pelibatan personel gabungan itu membuktikan bahwa pihaknya tidak mau underestimate atau menganggap enteng akan setiap potensi gangguan kamtibmas yang ada, termasuk aksi teror pada perayaan Jumat Agung.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Minsel Kompol Rahmad Lantemona mengungkapkan, pengamanan ibadah perayaan Jumat Agung dilaksanakan dengan konsep terbuka dan tertutup.

"Konsep pengamanan terbuka dengan menggelar personel berseragam dinas dan dilengkapi peralatan teknis TNI/Polri. Sementara pengamanan tertutup dengan melibatkan fungsi intelijen," jelas Lantemona. (Simon)