Kantongi SK Bupati, Thorie Joseph Nahkodai BPBD Minsel - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Kantongi SK Bupati, Thorie Joseph Nahkodai BPBD Minsel

Thorie Recky Joseph, SH, MM dalam suatu kegiatan di BPKAD Daerah Provinsi Sulut. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) kini memiliki sosok pemimpin yang baru.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang sebelumnya dipimpin oleh almarhum Rudy F. Tumiwa, ST, MM ini, kini resmi dinahkodai oleh Thorie Recky Joseph, SH, MM selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Minsel.

Adalah Bupati Kabupaten Minsel, Franky Donny Wongkar, SH yang memberi kepercayaan jabatan eselon II tersebut kepada Thorie, pada Rabu (14/4/2021) sore. 

Bertempat di lantai 4 Kantor Bupati Minsel di Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur, selain Thorie, pada hari itu Bupati Wongkar juga menerbitkan SK dan mengangkat 18 orang Staf Khusus Bupati dan dua orang Staf Ahli Bupati. 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Wongkar juga menyerahkan SK kepada dua orang Plt eselon III, dan 9 orang Plt eselon IV. 

Thorie bukanlah orang baru di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel. Meski mengantongi gelar Sarjana Hukum, tapi dia juga handal di bidang keuangan dan jasa konstruksi.

Sebelum mengabdi di Minsel, dia sebelumnya pernah bertugas di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut),  menjabat Bendahara di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulut.

Karena memiliki kemampuan dalam mengutak-atik APBD, Thorie ditarik ke Minsel oleh mantan Kepala Dinas PU Minsel, Jootje Tuerah ST, MSi. Thorie diberi jabatan eselon IV sebagai Kasubag Umum di Dinas PU Minsel.

Alumni Fakultas Hukum Unsrat Angkatan 1986 ini lalu dipromosi menduduki sejumlah jabatan eselon III, antara lain Kepala Bidang (Kabid) Persampahan  dan Pengelolaan Air Limbah Domestik di Dinas PU Minsel, dan Kabid Bina Jasa Konstruksi merangkap Plt Sekretaris Dinas PU Minsel.

Setelah cukup lama bertugas di Dinas PU Minsel, birokrat  penyandang gelar magister manajemen dari salah satu Universitas swasta di Surabaya-Jawa Timur ini, kemudian dimutasi ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain. Kali ini menjabat Sekretaris di BPBD Minsel. 

Menyusul kematian tragis yang menimpa Kepala Pelaksana BPBD Minsel, Rudy F. Tumiwa, ST, MSi, posisi jabatan yang ditinggalkan Tumiwa menjadi kosong hampir sebulan lamanya. 

Dan terhitung mulai 14 April 2021, Thorie akhirnya resmi menjadi orang nomor satu di BPBD Minsel.

“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar, SH bersama Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, MTh yang telah mempercayakan saya untuk memimpin BPBD Minsel. Ini adalah suatu kehormatan, dan saya akan mengemban tugas yang telah dipercayakan oleh atasan dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi,” tutur Thorie saat ditemui wartawan usai mengantongi SK dari Bupati. (Simon)