Sat Lantas Polres Minsel Berbagi Takjil dan Sosialisasikan Prokes Pencegahan Covid-19 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Sat Lantas Polres Minsel Berbagi Takjil dan Sosialisasikan Prokes Pencegahan Covid-19

Kasat Lantas Iptu Hadi Siswanto, SIK, MH sedang membagikan takjil kepada pengemudi mobil. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Polres Minahasa Selatan (Minsel) melalui Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) melakukan aksi bhakti sosial yakni bagi-bagi takjil (makanan ringan untuk berbuka puasa) kepada pengemudi dan penumpang kendaraan beroda empat dan dua yang sedang melintas di ruas Jalan Trans Sulawesi. 

Aksi kemanusiaan yang merupakan bagian dari Operasi Keselamatan Samrat 2021 ini, dipusatkan di Pos 920 Pusat Kota Amurang, Jumat (23/04/2021) pukul 17.00  WITA.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Minsel, Iptu Hadi Siswanto, SIK, MH dengan melibatkan sejumlah personel Sat Lantas.

Pada kesempatan itu, Iptu Hadi membuka bhakti sosial dengan membagikan takjil kepada para pengguna jalan dan masyarakat yg ada di sekitar kawasan pusat Kota Amurang. 

Takjil terutama diberikan kepada umat Muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa. 

Personel Sat Lantas kemudian menyebar ke ruas jalan dan turut membagikan takjil kepada para pengguna jalan.

Sebanyak 300 dos makanan ringan disiapkan untuk menopang kegiatan bhakti sosial ini. 

Selain membagikan takjil gratis, petugas juga melakukan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 dengan cara yang simpatik dan edukatif.

Sambil memegang alat peraga bertuliskan imbauan seperti Ayo Pakai Masker, Hindari Kerumunan, Taati Aturan Lalu Lintas, Jangan Mudik, petugas berdiri di tengah-tengah badan jalan.

Bila ada pengendara mobil dan motor atau pejalan kaki yang kedapatan tidak mengenakan masker, petugas tak segan-segan menegurnya dengan sopan dan ramah.

Personel Sat Lantas Polres Minsel juga turut bagi-bagi takjil kepada pejalan kaki. (foto: sulut24/simon)

Pengendara motor yang didapati tidak mengenakan helm atau tidak memakai masker, juga diberi pembinaan oleh petugas sebelum akhirnya diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

Aksi bhakti sosial sekaligus sosialisasi tertib lalu lintas dan taat prokes pencegahan Covid-19 ini, mendapat respon positif dari masyarakat.

"Ketika mobil dihentikan oleh petugas, awalnya kami sempat cemas jangan sampai kena tilang. Ternyata, kami justru diberi takjil gratis oleh polisi," ujar Sony dan Ella, penumpang mobil yang mengaku hendak menuju Manado.

Menurut mereka, aksi bagi-bagi takjil yang dilakukan oleh Sat Lantas Polres Minsel tersebut patut diberi apresiasi.

"Kegiatan seperti ini sungguh menyentuh langsung kebutuhan masyarakat. Apalagi bagi umat Muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Salut buat Sat Lantas Polres Minsel," tutur mereka sambil mengacungi jari jempol.

Sementara itu, Kasat Lantas Iptu Hadi Siswanto, SIK, MH kepada wartawan mengungkapkan, selain kegiatan bagi-bagi takjil, pihaknya juga melakukan bhakti sosial di sejumlah masjid yang ada di wilayah Kecamatan Tumpaan, Amurang, dan Amurang Barat.

"Kegiatan bhakti sosial yang dilakukan yakni penyemprotan cairan disinfektan sembari memberikan alat kebersihan kepada pengurus masjid," ungkap Iptu Hadi.

Ditambahkannya, selama Bulan Suci Ramadhan ini, petugas juga turut membaur dengan jemaah, baik saat mengikuti sholat atau buka puasa bersama. 

"Pada kesempatan itu, petugas memberi imbauan dan edukasi terkait prokes pencegahan Covid-19," kata mantan Kasat Lantas Polres Tomohon ini. (Simon)