Tingkatkan Kesiapsiagaan Personel, Polres Minsel Gelar Simulasi Alarm Stelling - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Tingkatkan Kesiapsiagaan Personel, Polres Minsel Gelar Simulasi Alarm Stelling

Personel Polres Minsel sedang mengikuti simulasi alarm stelling. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Polres Minahasa Selatan (Minsel) menggelar simulasi alarm stelling dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan personel menghadapi situasi yang bersifat kontijensi, seperti darurat mako, bencana alam maupun aksi serangan terorisme.

Simulasi alarm stelling digelar usai pelaksanaan apel pagi, di halaman utama Polres Minsel, Senin (5/4/2021). Simulasi tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon, SIK didampingi Wakapolres Kompol Farly Rewur, SH, MM.

“Simulasi alarm stelling ini penting dilaksanakan sebagai konsep dasar tindakan pertama personel, tatkala dihadapkan pada situasi yang bersifat kontijensi, seperti darurat mako, bencana alam ataupun ancaman aksi terorisme,” ungkap Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon, SIK, di hadapan ratusan personelnya.

Diharapkan, dengan adanya latihan alarm stelling ini, seluruh personel Polres Minsel dapat meningkatkan kesiapsiagaan, fokus, tanggap dan peka.

"Diharapkan pula, personel Polres Minsel dapat dan harus bergerak cepat, jika dihadapkan pada situasi dan kondisi darurat ancaman tinggi,” tandas Kapolres Sitindaon.

Latihan simulasi alarm stelling dikoordinir oleh Kabag Ops Kompol Rahmad Lantemona, dengan melibatkan seluruh perwira dan personel jajaran.

Dalam simulasi itu, dikondisikan pada awalnya situasi dalam keadaan tenang dan kemudian dibunyikan suara alarm. 

"Begitu terdengar suara alarm, seluruh personel wajib meninggalkan ruangan kerjanya, meninggalkan segala aktivitasnya dan bergegas menuju ke titik kumpul masing-masing bagian dan satuan, yang telah ditentukan dengan pergerakan extra cepat,” terang Kompol Lantemona.

Terpantau seluruh personel Polres Minsel tampak sangat antusias mengikuti tahap demi tahap rangkaian kegiatan latihan simulasi alarm stelling. 

Berkat kesigapan, sinergitas dan koordinasi yang baik antar petugas dan satuan, simulasi berlangsung lancar dan sukses. (Simon)