UNIMA Jalin Kerja Sama Dengan Pemkab Talaud, Bangun Pendidikan di Wilayah Batas NKRI - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

UNIMA Jalin Kerja Sama Dengan Pemkab Talaud, Bangun Pendidikan di Wilayah Batas NKRI

Yusak Ratunguri SPd. MPd (Foto: Ist)

Sulut24.com, TONDANO - Upaya Presiden Jokowi untuk membangun dunia pendidikan diwilayah perbatasan NKRI telah mendapat respon dari Perguruan Tinggi Universitas Negeri Manado (UNIMA).

Buktinya saja UNIMA saat ini mulai menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud.Kerja sama yang dirintis tersebut dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di beranda perbatasan NKRI.

Selain itu juga Perguruan Tinggi UNIMA sebagai mitra strategis dan juga sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) akan berperan sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,guna menjalankan tri dharma perguruan tinggi.

Salah satu Dosen UNIMA Yusak Ratunguri SPd. MPd mengatakan kerja sama yang dibangun yakni penyetaraan para Guru (Starata Satu) S1 dan juga bagi kalangan Birokrat Pemkab Talaud yang menambah/melanjutkan Study S2 dan S3 di Perguruan Tinggi UNIMA.

Selain itu menurut Yusak Ratunguri SPd. MPd, Perguruan Tinggi UNIMA akan meningkatkan  semua kualitas/mutu tenaga guru yang ada di Talaud.

"Dengan kerja sama ini, kedepan Talaud akan ada sekolah yang bertaraf Nasional dan Internasional," ujar Ratunguri yang juga Staf Khusus Pendidikan Pemerintahan E2L dan MAP.

Ratunguri menegaskan kerja sama tersebut saat ini sudah ditindaklanjuti antara pihak UNIMA dan Pemkab Talaud dan dalam waktu dekat ini ada penandatanganan kerja sama tersebut.

"Saya sudah melakukan audensi dengan Ibu Rektor  dan Direktur Pasca Sarjana UNIMA bersama Pembantu Rektor I dan IV  dan semuanya sudah ada kata sepakat menjalin kerja sama dengan Pemkab Talaud," ujar Ratunguri yang juga mantan Ketua BEM FMIPA UNIMA ini.

Sedangkan dari pihak Pemkab Talaud menurut Ratunguri, saat ini sudah siap menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi UNIMA.

"Tinggal menunggu penandatangan naskah kerja sama dan semuanya sudah ada kata sepakat," tutup Ratunguri dengan senyum. (Joyke)