Wabup Rembang Soroti Belum Optimalnya Serapan Anggaran Triwulan I 2021 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Wabup Rembang Soroti Belum Optimalnya Serapan Anggaran Triwulan I 2021

Wabup Minsel, Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th memimpin Rakor EPRA Triwulan I Tahun 2021. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Serapan anggaran Triwulan I Tahun 2021 di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) ternyata belum optimal. 

Hal ini dikarenakan masih banyaknya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum maksimal dalam melaksanakan program dan kegiatan yang seharusnya sudah mulai dilaksanakan selang Januari hingga Maret 2021.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Bupati (Wabup) Minsel, Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) Triwulan I Tahun 2021, di lantai 4 Kantor Bupati Minsel, Senin (19/4/2021) pagi.

Pada kesempatan itu, Wabup Rembang didampingi Asisten Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setdakab Minsel, Drs. James Tombokan. 

"Dari hasil pantauan kami, masih banyak OPD yang belum maksimal dalam melaksanakan program dan kegiatan. Hal ini berdampak langsung terhadap penyerapan anggaran," ungkapnya saat memimpin kegiatan tersebut.

Karena itu, para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) perlu mengevaluasi terkait program dan kegiatan yang belum optimal, kendala yang dihadapi serta secepatnya merumuskan solusinya.

"Melalui Rakor EPRA Triwulan I ini, diharapkan kita semua dapat membangun kebersamaan, keterpaduan dan sinergitas dalam upaya memacu penyerapan anggaran yang efektif dan optimal, demi percepatan pembangunan di Kabupaten Minsel," ujar Wabup Rembang. 

Ditambahkannya, Rakor EPRA Triwulan I ini sangat penting dan strategis untuk mengkaji sampai sejauh mana perkembangan penyerapan anggaran, baik yang bersumber dari APBD Kabupaten dan Provinsi, maupun APBN.

Kegiatan Rakor EPRA Triwulan I Tahun 2021 ini, diawali dengan laporan pelaksanaan kegiatan oleh Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Minsel, Yuly M.A Rompas, ST, M.Si. 

Usai sambutan sekaligus arahan dari Wabup Minsel, acara dilanjutkan dengan laporan realisasi perangkat daerah oleh sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Antara lain Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), serta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Minsel.

Kegiatan ini diikuti para Kepala SKPD, Camat dan Kepala Bagian (Kabag) di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Minsel. (Simon)