Derita Warga Pulau, Jalan Umum Jauh Dari Perhatian Pemerintah - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Derita Warga Pulau, Jalan Umum Jauh Dari Perhatian Pemerintah

Kondisi jalan kampung Dalako Bembanehe (Foto: Ist)

Sulut24.com, SANGIHE - Persoalan pemenuhan fasilitas publik khususnya jalan umum diwilayah gugusan pulau dinilai masih jauh dari perhatian pemerintah.

Sebut saja kondisi jalan umum di Pulau Kahakitang Kecamatan Tatoareng yang sebagian belum tersentuh perhatian pemerintah.

Pantauan Sulut24.com, Kamis (27/5) kemarin, sebagian besar jalan umum di kampung Dalako Bembanehe rusak parah sangat memprihatinkan.

Warga Dalako Bembanehe kepada media ini menuturkan, selama bertahun - tahun warga harus menerima kondisi jalan yang rusak parah. Jika musim penghujan, jalan tak bisa dilalui kendaraan roda 2. Ketika berjalan kaki pun warga harus ekstra hati - hati karena kondisi jalan yang terjal, curam, licin, berlubang dan berbatu.

"Kondisi ini sudah cukup lama kami alami. Warga sangat kesulitan dengan jalan ini, apalagi bagi warga yang berusia lanjut," tutur warga yang mengaku berdomisili di Dalako.

Wakil Ketua LP-KPK Sangjhe, Frieg Dareho (Foto: Ist)

Sementara itu, personel LP-KPK Komcab Sangihe, Frieg Dareho ditemui saat kegiatan investigasi di Kampung Dalako Bembanehe menyatakan sangat menyayangkan sikap "cuek" pemerintah terhadap kondisi ini. Seharusnya, kata Dareho, Pemerintah Kabupaten dengan APBD-nya atau Pemerintah Kampung dengan ADD-nya bisa segera merespon kebutuhan warga ini. "Ingat, itu fasilitas publik yang dibutuhkan warga. Bagaimana caranya meningkatkan perekonomian warga jika akses jalan di kampung saja tak menunjang," tanya Dareho.

Dirinya pun mendesak pemerintah daerah dan pemerintah Kampung Dalako Bembanehe untuk lebih responsif terhadap kebutuhan - kebutuhan warga diwilayahnya. "Kita berharap ada kepedulian pemerintah terhadap kebutuhan - kebutuhan warga, apalagi di wilayah pulau - pulau", harap Dareho. (Johan)