Dinas Sosial dan PMD Dukung Inspektorat Minut Periksa Dana Desa - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Dinas Sosial dan PMD Dukung Inspektorat Minut Periksa Dana Desa

Kepala Dinas Sosial dan PMD Minut Drs. Alpret Pusungalaa (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Minahasa Utara mengsuport atas kinerja Inspektorat yang turun langsung di desa untuk melakukan pemeriksaan penggunaan dana desa dan persoalan desa lainya.

"Kami sangat mengsuport kinerja Inspektorat yang turun lansung di desa-desa," ujar Kadis Sosial dan PMD Drs. Alpret Pusungulaa Kamis (27/5/2021).

Menurut Pusungulaa dengan turunya inspektorat didesa-desa, hal ini dapat meminilisir berbagai penyimpangan dana desa yang dilakukan para hukum tua.

"Saat ini begitu banyak laporan warga  terkait dugaan penyalagunaan dana desa sehingga dengan turunnya Inspektorat di desa-desa dapat mencegah penyimpangan dana desa tersebut,"  tegas Pusungulaa.

Sementara itu Kepala Inspektorat Kabupaten Minahasa Utara Umbase Mayuntu  mengatakan pengawasan ini dilakukan lebih untuk menghindari adanya penyelewengan dana oleh pelaksana di lapangan serta untuk menghindari adanya kesepakatan yang menyalahi aturan terkait penggunaan Dana Desa.

 “Inspektorat Kabupaten Minut terus memantau perkembangan penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) agar digunakan tepat sasaran,” jelasnya.

Selain itu diakuinya adanya Dana Desa yang merupakan salah satu terobosan dari Pemerintah Pusat diharapkan akan memberikan kesejahteraan serta peningkatan masyarakat Desa, namun jika ada temuan penyelewengan dan berdampak buruk bagi Desa penerima program Dana Desa justru pihaknya tak segan untuk memproses secara hukum.

"Kami  berharap dana desa ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para hukum tua demi kemajuan Desa," tutup Umbase Mayuntu yang dikenal dekat dengan para kuli tinta. (Joyke)