Gandeng Wartawan Senior, Palakat Minsel Gelar Pelatihan Jurnalistik - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Gandeng Wartawan Senior, Palakat Minsel Gelar Pelatihan Jurnalistik

Pelatihan Jurnalistik yang digelar oleh Pusat Aduan Layanan Masyarakat (Palakat) Minsel. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Pusat Aduan Layanan Masyarakat (Palakat) Minahasa Selatan (Minsel) bekerjasama dengan media online Suluthebat.com menggelar Workshop Pengelolaan Palakat dan Pelatihan Jurnalistik Tim Koordinasi Palakat Minsel, Jumat (21/05/2021).

Kegiatan yang mengangkat tema “Membangun Jurnalis Hebat Sulut” ini digelar di ruang rapat lantai 4, Kantor Bupati Minsel, di Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur.

Kegiatan ini diikuti sekitar 50 peserta yang didominasi kaum milenial. Para peserta adalah operator Command Center Palakat Minsel. 

Pelatihan ini dilaksanakan secara offline dengan tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Dalam pelatihan tersebut, peserta dibekali sejumlah materi jurnalistik. Di antaranya, Undang-Undang Keterbukaan Publik, Etika Jurnalistik, juga tugas dan tanggung jawab seorang jurnalis profesional saat bertugas dan hadir di tengah pemerintah dan masyarakat.

Pemimpin Umum media online Sulut24.com, Alfeyn Gilingan, turut tampil sebagai salah satu pemateri. (foto: Ist)

Hajatan ini dibuka oleh Bupati Minsel Franky D Wongkar, SH yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Minsel, Royke Mandey.

Untuk membekali para peserta, panitia pelaksana menghadirkan sejumlah pemateri yang sarat pengalaman di bidang jurnalistik, baik media cetak, online maupun elektronik.

Beberapa di antara pemateri adalah mantan wartawan senior Manado Post dan Jawa Post di era tahun 90-an yang kemudian sempat mendirikan sejumlah media cetak lain dan media online. 

Ada pula yang sempat berkiprah di TV swasta nasional dan pernah merintis TV lokal. 

Sebut saja Deky Geruh, mantan Redaktur Harian Jawa Post dan Manado Post. Saat ini Geruh menjabat Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) media online Suluthebat.com. Geruh tampil menyajikan materi tentang Jurnalisme Praktis.

 Harris Vandersloot, pendiri Manado TV dan mantan Pemimpin Redaksi Pasifik TV, mengulas Dasar Jurnalisme Televisi. (foto: Ist)

Pemateri berikutnya, Alfeyn Gilingan, juga mantan Redaktur Manado Post dan pernah menjabat Pemimpin Redaksi Harian Kawanua Post. Saat ini, Gilingan menjabat Pemimpin Umum media online Sulut24.com.

Gilingan memberikan materi tentang Dasar–Dasar Jurnalisme dan Jurnalisme Sebagai Kekuatan Keempat Pilar Demokrasi.

Turut pula membawakan materi, Harris Vandersloot, mantan Redaktur Manado Post yang juga pendiri Manado TV dan pernah menjabat Pemimpin Redaksi Pasifik TV. 

Saat ini, Vandersloot bekerja sebagai konsultan Net TV di Manado. Mantan reporter Liputan 6 SCTV dan Q Channel ini memaparkan materi tentang Dasar-Dasar Jurnalisme Televisi.

Palakat Minsel juga menggandeng Raymond Pasla yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulut. Pasla merupakan wartawan senior Harian Komentar.

 Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulut, Raymond Pasla. Mantan 
Ketua KPID Sulut yang juga eks Ketua AJI Sulut ini membahas Jurnalistik di Era Modern dan Jurnalisme Dalam Keterbukaan Informasi. (foto: Ist)

Mantan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulut yang juga pernah menjabat Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Sulut ini, memberikan materi tentang Jurnalistik di Era Modern dan Jurnalisme Dalam Keterbukaan Informasi.

Turut tampil sebagai pemateri, Aji Pranomo. Mantan Redaktur Manado TV yang saat ini menjabat Pemimpin Redaksi Suluthebat.com mengulas materi tentang Dasar-Dasar Jurnalisme TV.

Usai kegiatan itu, Ketua Palakat Minsel Henly Barten Tuela, SE kepada wartawan mengatakan, melalui pelatihan ini diharapkan  para operator Palakat Minsel dapat memiliki pengetahuan dan wawasan yang mumpuni tentang jurnalisme.

Peserta pelatihan jurnalistik sedang praktik jadi presenter TV. (foto: Ist)

“Pelatihan ini sangat bermanfaat dan dapat menjadi bekal berharga bagi para operator Palakat Minsel. Semoga mereka akan lebih profesional dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat," tutur Staf Khusus Bupati Bidang Komunikasi dan Informatika ini. (Simon)