Maritim Muda Kota Manado Lakukan Edukasi Maritime Hero - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Maritim Muda Kota Manado Lakukan Edukasi Maritime Hero

Salah seorang  aktivis lingkungan saat memberikan edukasi kepada salah seorang anak di pesisir pantai (Foto: Dok Maritim Muda Kota Manado 

Sulut24.com, MANADO - Para aktivis lingkungan yang tergabung dalam komunitas Maritim Muda Kota Manado melaksanakan rangkaian kegiatan edukasi yang bertajuk “Maritime Hero” di kelurahan Tongkaina Lingkungan IV atau yang dikenal sebagai Desa Bahowo, Rabu (23/6/2021).

Maritime Hero merupakan kegiatan edukasi yang bertujuan untuk mengenalkan ekosistem pesisir dan laut yang dimiliki oleh Desa Bahowo, seperti hutan mangrove, padang lamun dan terumbu karang untuk bisa dijaga kelestariannya oleh anak-anak pesisir yang tinggal di daerah sekitarnya dan menjadikan mereka sebagai Pahlawan Maritim di masa mendatang. 

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program Active Citizens Climate Change Social Action Project yang didukung oleh British Council lewat Youth Engagement COP26: Challenge Funds for Young People. 

"Kegiatan ini juga hadir melalui kerja sama dengan Pusat Pemberdayaan Disabilitas Mitra Sejahtera dan juga Sekretariat Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut," ungkap ketua maritim muda Kota Manado, Samuel Leivy Opa.

Adapun, menurutnya serangkaian kelas mengenai ekosistem pesisir dan laut yang terdiri dari teori maupun praktek mengenai hutan mangrove, padang lamun dan terumbu karang telah diberikan sejak awal April 2021 hingga 19 Juni 2021. Dalam pertemuan kelas terakhirnya, Maritime Hero dan anak-anak pesisir Desa Bahowo berhasil membuat Ecobrick, jenis bata yang dibuat dengan memadatkan sampah plastik ke dalam botol plastik, nanti akan digelar pada hari Jumat (25/6/2021).

Ia menambahkan, Maritime Hero akan mengadakan aksi Mangrove Clean Up and Plastic Reduction di area Desa Bahowo, yang merupakan penutup dari rangkaian aksi sosial mereka yang akan dihadiri oleh para peserta dan Kepala Lingkungan setempat.

Opa dan juga Koordinator Proyek Edukasi Maritim Hero menyampaikan, bahwa anak-anak sangat senang belajar sambil bermain mengenai lingkungan terlebih dengan mengenal ekosistem yang sehari-hari mereka lihat di sekitar mereka. 

“Saya berharap anak-anak ini dapat menjadi tumpuan keberlanjutan ekosistem pesisir dan laut yang ada di Bahowo di masa mendatang. Meskipun kegiatan ini dilakukan di masa pandemi Covid-19, penyelenggaraannya tetap menerapkan protokol kesehatan sepanjang kegiatan berlangsung,” ujar Opa.

Para peserta anak Maritime Hero yang telah mengikuti rangkaian kegiatan selama 3 bulan akan diberikan sertifikat penghargaan dan 6 Hero terbaik berhak mendapatkan sertifikat serta hadiah. Dalam jangka panjang, Maritime Hero diproyeksikan untuk mengadakan pertemuan rutin untuk bermain dan belajar, menonton film tentang pesisir dan laut, membersihkan pantai dan mangrove serta tetap memberikan edukasi mengenai ekosistem pesisir dan laut bagi anak-anak di daerah Bahowo.

Active Citizens

Active Citizens adalah program British Council yang telah sukses dilaksanakan lebih dari 9 tahun di 68 negara diseluruh dunia. Active Citizens merupakan program pelatihan kepemimpinan sosial yang mempromosikan dialog antar budaya dan pembangunan sosial yang diinisiasi oleh masyarakat/komunitas. Program Active Citizens sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 di Indonesia, dan British Council bekerja dengan berbagai organisasi, wirausaha sosial, universitas dan LSM dan memberikan Pelatihan Active Citizens di level komunitas. Program Active Citizens menyatukan orang-orang dengan keyakinan dan perspektif yang berbeda untuk belajar dan berbagi satu sama lain. Bersama mitra, kami melatih peserta dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mempengaruhi perubahan sosial di komunitas mereka. Kami menghubungkan ribuan orang yang berpikirian sama diseluruh dunia yang secara kolektif ingin mewujudkan masyarakat yang lebih adil dan inklusif. Temukan lebih banyak informasi mengenai Active Citizens dalam tautan https://active-citizens.britishcouncil.org/. (Fn)