Om Inyo: Puskud akan Hadirkan KUDMart - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Om Inyo: Puskud akan Hadirkan KUDMart

Inyo Koloay (kanan) dijumpai pengurus Bamukisst, Daendels Sombowadile (kiri) di rumah kediaman di Pakuweru Kec. Tenga, Minahasa Selatan. (dok foto: pb.bamukisst)

Sulut24.com, MINAHASA - Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD) sebagai organisasi berhimpun koperasi di Sulawesi Utara (Sulut) mulai berdenyut lagi. Tokoh koperasi Inyo Koloay, didaulat membenahi Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD) Sulawesi Utara (Sulut) untuk periode 2021-2026. 

Pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) PUSKUD Sulut tahun 2021 yang berlangsung hampir sepekan (14-19/8/2021) di Hotel Mercure Tatelu, Minahasa, seluruh pengurus koperasi mempercayakan Inyo Koloay untuk memimpin organisasi yang pernah berjaya hingga era 1990-an tersebut.

Untuk pengurus PUSKUD Sulut periode 2021-2026, Ketua Inyo Koloay dibantu Samuel Pangalila selaku Wakil Ketua, Max Tongas sebagai Sekretaris dan Decky Tangkudung sebagai Bendahara.

Sedangkan sebagai Pengawas PUSKUD Sulut, masing-masing dipercayakan kepada  Bastian Togas (Ketua), Hengky Rumengan (Sekretaris) dan Sujiman Datu (Anggota).

“Dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk memajukan koperasi. Tidak ada koperasi yang berjalan sendiri-sendiri. Semua berjalan bersama-sama sesuai azas kekeluargaan,” kata Inyo Koloay kepada wartawan usai RAT secara resmi ditutup.

Kegiatan RAT PUSKUD Sulut yang berlangsung penuh dinamika itu turut dihadiri unsur Forkompinda Sulut. Termasuk juga Kepala Badan Kesbangpol Sulut, Evans S Liow, yang mengikuti hampir semua acara. 

Menyitir UU no 25 tahun 1992, Om Inyo --begitu ia akrab disapa, menjelaskan koperasi juga wajib mencari profit dalam menjalankan usahanya untuk kesejahteraan anggota. “Namun koperasi tidak boleh menjadi tengkulak dalam menjalankan usahanya,” tegasnya.

Selain memberdayakan koperasi-koperasi yang ada, kata Om Inyo, PUSKUD Sulut nantinya akan mengembangkan usaha berupa KUDmart. “Kalau dulu ada Waserda. Nah, PUSKUD nantinya akan mengembangkan KUDmart,” ujarnya.

Pada periode kepemimpinan ini, urai Om Inyo, PUSKUD Sulut akan memberdayakan semua koperasi sebagai penyalur pupuk. Hambatan yang dialami petani saat ini adalah ketersediaan pupuk.

“Maka KUD akan menjadi penyalur pupuk kepada para petani. Itu yang akan PUSKUD Sulut lakukan,” ungkap om Inyo seraya melanjutkan, semua program kerja akan disinergikan dengan dinamika pembangunan di provinsi maupun kabupaten/kota di Sulut.

Usaha KUDmart, dengan demikian hadir sebagai penyeimbang berbagai merek usaha "mart" milik konglomerat yang kini hadir sampai ke pelosok desa. “Kalau dulu, ada Waserda. Kedepan kami akan kembangkan KUDmart,” ujar Om Inyo.(*/ag)