13 Rumah dan Kios di Pasar Tompasobaru Ludes Dilalap Api - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

13 Rumah dan Kios di Pasar Tompasobaru Ludes Dilalap Api

 

Musibah kebakaran di Pasar Tompasobaru (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Musibah kebakaran terjadi di kompleks Pasar Tompasobaru, Desa Pinaesaan jaga 2, Kecamatan Tompasobaru, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), pada Sabtu (04/09/2021), sekira pukul 17.30 WITA.

Kebakaran terjadi di areal penjualan ikan. Akibat kejadian tersebut, sebanyak 13 rumah dan kios milik warga ludes dilalap si jago merah.

"Api menyala sejak dari jam 5 sore dan sampai saat ini belum ada mobil pemadam kebakaran yang datang di lokasi kejadian," ungkap Erika, salah satu saksi mata di lokasi kebakaran.

Keterangan saksi mata lainnya menyebutkan, awalnya dia melihat asap hitam tebal yang tinggi dari dapur rumah milik Keluarga Matialo-Mume.

Saksi pun bersama teman-temannya langsung berlari menuju ke tempat kejadian untuk memberikan pertolongan. 

Namun mereka tidak berhasil memadamkan kobaran api. Pasalnya, mereka hanya menggunakan peralatan seadanya.

Apalagi, kobaran api sudah mulai membesar bahkan sudah merembet ke rumah tetangga lainnya. Sementara mobil pemadam kebakaran tidak kunjung tiba. 

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Sementara kerugian material diperkirakan mencapai kurang lebih Rp.1.000.000.000,- ( Satu Milyar Rupiah).

Begitu menerima laporan masyarakat, petugas Polsek Tompasobaru langsung bergerak mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Setibanya di tempat kejadian, kami membantu warga memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya, membantu proses evakuasi, mengamankan TKP, serta mengumpulkan bahan keterangan dari saksi-saksi yang ada di lokasi kejadian," ungkap Kapolsek Tompasobaru Iptu Jefry Mailensun.

Sementara itu, Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon, SIK saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya masih akan terus melakukan upaya penyelidikan terkait peristiwa kebakaran ini.

Sebanyak 13 rumah dan kios milik warga ludes dilalap si jago merah. (foto: Ist)

"Penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan. Kami telah mengarahkan unit identifikasi Satuan Reskrim bersama Satuan Intelkam Polres Minsel berkolaborasi dengan personel Polsek Tompasobaru untuk melakukan upaya investigasi," terang Kapolres Minsel.

Kapolres juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih waspada dan memperhatikan keamanan rumah saat hendak keluar.

"Saat akan keluar rumah, pastikan tempat tinggal kita aman. Perhatikan kondisi kompor gas, listrik, alat-alat elektronik, dan jangan lupa kunci pintu dan jendela," imbau Perwira Menengah (Pamen) Polri ini. (Simon)