Ciptakan PDAM Minut Sehat, Dirut Tamengkel Bakal Terapkan Teknologi DMA - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Ciptakan PDAM Minut Sehat, Dirut Tamengkel Bakal Terapkan Teknologi DMA

Direktur PDAM Minut Patrice Tamengkel (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT -  Angka kebocoran air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Minahasa Utara mencapai 80 persen. Untuk mengurangi angka kebocoran air tersebut pihak PDAM Minahasa Utara akan memperbaiki jaringan pipa air dan meter air para pelanggan.

Direktur PDAM Minut Patrice Tamengkel mengatakan kebocoran air di PDAM Minut saat ini sangat cukup tinggi dan hal ini telah berdampak pada status PDAM Minut tidak sehat.

"Kami akan berupaya memperbaiki sistem kebocoran air tersebut, karena hal ini berdampak pada finansial PDAM Minut," ujar Tamengkel

Menurut Tamengkel meter air adalah ATMnya PDAM, sehingga perlu ada perbaikan.

Tamengkel mengatakan kebocoran air biasanya disebabkan oleh dua hal, yakni kebocoran secara teknis dan kebocoran secara nonteknis (komersial). Kebocoran teknis disebabkan oleh bocor pada pipa distribusi.

Sementara, kebocoran komersial disebabkan oleh pencurian air, warga menyambung langsung pipa jaringan rumah, kantor, instansi, atau hotel ke pipa distribusi tanpa melewati meter air yang digunakan sebagai alat ukur pemakaian air oleh PDAM.

Kasus lainnya adalah mengakali meter air sehingga berputar lebih lambat atau tidak seperti yang seharusnya. 

Tamengkel mengatakan  untuk mengurangi resiko kebocoran air pipa PDAM Minut kedepan akan memberlakukan pembagian zona distribusi air dengan teknologi Distrik Meter Area (DMA). Dengan pembagian zona tersebut, diharapkan akan memudahkan dalam memantau indikasi kebocoran pada pipa. 

"DMA adalah teknik untuk memantau kebocoran dengan  pemasangan meter induk pada titik yang strategis pada sistem distribusi. Setiap meter mencatat aliran yang masuk pada suatu wilayah yang kecil yang mempunyai batas-batas yang permanen. Sistem ini  bisa mengoptimalkan pelayanan dan produksi," ucap Tamengkel. 

"Banyak manfaat yang diperoleh dari DMA, yaitu menurunkan angka kebocoran, menjaga pelayanan yang berkualitas, dan meningkatkan kuantitas serta mendukung program ZAMP (Zona Air Minum Prima)," tutup Tamengkel. (Joyke)