FDW Berharap Minsel Punya Pola Sistem Potensi SAR yang Lebih Baik Lagi - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

FDW Berharap Minsel Punya Pola Sistem Potensi SAR yang Lebih Baik Lagi

Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi SAR dari Basarnas menyerahkan cenderamata kepada Bupati Minsel. (foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) merupakan daerah yang memiliki beragam potensi bencana. Kabupaten yang terdiri dari 17 kecamatan, 167 desa dan 10 kelurahan ini, juga memiliki daerah pesisir pantai yang cukup luas.

"Karena itu, diharapkan kedepan akan terbentuk satu pola sistem potensi SAR yang lebih baik lagi di Kabupaten Minsel," tutur Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH, yang lebih akrab disapa FDW.

Hal tersebut dikemukakan Bupati FDW saat menghadiri sekaligus membuka secara resmi kwgiatan Pelatihan Teknis Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue) Bagi Potensi SAR, di gedung Waleta Kantor Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Senin (20/09/2021).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas A Manado bekerja sama dengan Badan SAR Nasional (Basarnas).

Kegiatan tersebut dirangkaikan pula dengan Rapat Sosialisasi Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Tingkat Daerah.  

Bupati FDW mengungkapkan, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minsel, pada tahun 2020 lalu tercatat ada tiga kejadian kasus tenggelam di Kabupaten Minsel yang memakan korban jiwa sebanyak tiga orang. 

Karena itu, dia berharap peserta pelatihan nantinya akan siap mengaplikasikan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari selama pelatihan ini.

"Kiranya saudara sekalian terus menanamkan motivasi dan tekad pengabdian bagi kemanusiaan," imbuh kepala daerah kelahiran Amurang 1 Februari 1966 ini.

Eddy Herianto, SE dari Direktorat Bina Potensi Basarnas foto bareng peserta pelatihan. (foto: Sulut24/Simon)

Suami dari Anggota DPRD Minsel, Ny. Elsye Rosje Wongkar-Sumual ini tidak lupa menyampaikan apresiasi atas inisiasi prakarsa dan kerja sama yang telah diwujudkan, sehingga pelatihan teknis dan FKP3D dapat digelar di Kabupaten Minsel.

"Tidak lupa saya berterima kasih untuk bantuan dan pelayanan SAR kepada masyarakat Minsel dalam berbagai kejadian bencana yang terjadi selama ini. Kiranya sinergitas dan kolaborasi yang baik ini, dapat terus terjalin," imbuh mantan Direktur YLBH - LBH Manado tiga periode ini.

Di akhir sambutannya, mantan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dapil Minsel-Mitra tiga periode ini mengajak seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Minsel untuk tetap waspada, dan tetap disiplin menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Mari kita percepat pelaksanaan vaksinasi dan tetaplah disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) melalui gerakan 6M, dimana pun kita berada. Mari bersama kita memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah ini," pungkas Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sulut empat periode ini. 

Usai membawakan sambutan, Bupati FDW menerima cenderamata dari Basarnas yang diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi Pencarian dan Pertolongan, Abdul Haris Achadi, SH, DESS. (Simon)