Wabup PYR Minta BSG Cabang Amurang Bantu Petani Nilam dan Talas - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Wabup PYR Minta BSG Cabang Amurang Bantu Petani Nilam dan Talas

Wabup Minsel foto bersama perwakilan BSG Cabang Amurang serta petani nilam dan talas. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Selatan (Minsel) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th melakukan  audiensi dengan sejumlah petani budidaya tanaman nilam dan talas, Senin (13/09/2021). 

Audiensi yang digelar di ruang rapat Wabup juga turut diikuti perwakilan dari Bank Sulut Go (BSG) Cabang Amurang. 

Hal tersebut dilakukan sebagai dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) bagi masyarakat petani di Kabupaten Minsel. Salah satunya dengan memfasilitasi pertemuan antara petani dengan pihak manajemen BSG untuk mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

Tak hanya itu saja, audiensi juga mengejawantakan program strategis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel di bawah komando Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Wabup Petra Yani Rembang terkait upaya peningkatan ketahanan ekonomi dan ketahanan pangan masyarakat lewat  bantuan usaha pertanian. 

Dalam audiensi tersebut, wakil kepala daerah yang akrab disapa PYR ini menyatakan, tanaman nilam dapat dibudidayakan dan dimanfaatkan sebagai produk baru bagi masyarakat petani di Kabupaten Minsel. 

Pasalnya, tanaman nilam memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Daunnya dimanfaatkan untuk pembuatan minyak wangi hingga obat tradisional yang kaya manfaat. 

"Begitu juga dengan tanaman talas. Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, beberapa jenis talas juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman sumber pangan dan obat-obatan," terang lelaki kelahiran Pakuweru, Kecamatan Tenga ini.

Untuk mengembangkan  budidaya tanaman nilam dan talas, petani Minsel butuh bantuan modal dari pihak perbankan.

"Saya berharap, BSG Cabang Amurang sebagai mitra kerja Pemkab Minsel dapat membantu petani dengan memberikan bantuan usaha pertanian melalui program KUR," pungkas mantan Wakil Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM Bidang Pengembangan Sumber Daya (PSD) ini.

Wabup Minsel audiensi dengan petani nilam dan talas serta perwakilan BSG Cabang Amurang. (foto: Ist)

Hadir pada kesempatan tersebut, Pimpinan Cabang BSG Amurang Vifere C. Roring,  Manajer Kredit Komersial BSG Kemal Sukarta, dan sejumlah petani nilam dan talas.

Sehari sebelumnya, Minggu (12/09/2021), Wabup PYR menghadiri hajatan pernikahan di dua tempat berbeda.

Pertama, hajatan pernikahan Clieff Sumangkut, S.Pd, dan Della Palapa, S.Pd, yang digelar di Desa Tondei Dua, Kecamatan Motoling Barat.

Selanjutnya, Wabup PYR didampingi istri tercinta yang juga Sekretaris TP-PKK Minsel, Ny. Juli Rembang-Wati menghadiri acara pernikahan Fredy Sengkey dan Femyce Kawengian, di Desa Matani, Kecamatan Tumpaan.

Pada kesempatan di dua tempat berbeda tersebut, Wabup PYR tidak lupa mengingatkan warga agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan menggalakkan gerakan 6M. (Simon)