HUT Ke-76, Presiden Jokowi Harapkan TNI Sigap Hadapi Ancaman - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

HUT Ke-76, Presiden Jokowi Harapkan TNI Sigap Hadapi Ancaman

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo saat memberikan amanat (Foto: Sekretariat Presiden/Youtube.com)

Sulut24.com, JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menyebut bahwa keberhasilan Indonesia dalam menekan angka kasus Covid-19 tak lepas dari peran aktif Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan amanat pada upacara HUT TNI Ke-76, Selasa (5/10/2021). 

“Keberhasilan kita dalam menangani pandemi Covid-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI,” ucap Presiden RI dilansir dari Kanal Youtube Sekretariat Presiden. 

Untuk itu Presiden Jokowi meminta TNI untuk terus sigap dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas, seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam dilaut, radikalisme, terorisme  ancaman siber, ancaman biologi dan ancaman bencana alam. 

Menurutnya dalam menghadapi ancaman yang semakin luas, TNI harus terus bertransformasi. 

“Untuk meletakan pondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan moderen yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan dilingkungan strategis, regional maupun global,” ucap Presiden Jokowi. 

Selain itu Presiden Jokowi juga mengingatkan agar TNI melakukan terobosan dalam kebijakan pengelolaan  ekonomi. Menurutnya TNI harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan. 

“Organisasi pertahanan ini juga harus disertai dengan terobosan pengelolaan ekonomi dan investasi pertahanan. Kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berfikir jangka panjang yang dirancang sistematis dan yang dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan,”  tandasnya. (fn)