Ruddy Ponge Dituntut LPJ Dana Desa Tahap II Desa Tinongko, Diduga Berbau Korupsi - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Ruddy Ponge Dituntut LPJ Dana Desa Tahap II Desa Tinongko, Diduga Berbau Korupsi

Mantan Plt Hukum Tua Desa Tinongko Jolanda Beathries (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Mencuatnya penyalagunaan anggaran Dana Desa Tinongko tahun anggaran 2020 perlu diusut tuntas.

Kasus yang menyedot anggaran ratusan juta rupiah tersebut telah memicu keterlambatan pencairan dana desa tahap II Desa Tinongko Tahun anggaran 2021.

Sementara itu dugaan penyalagunaan anggaran Alokasi Dana Desa Tahun 2020 bukan saja hanya untuk pembuatan drainase tetapi ada juga kasus  pemotongan dana BLT yang diduga  dilakukan Pejabat Hukum Tua  Ruddy Ponge.

Buntut  kasus tersebut pihak dinas sosial dan PMD Minut sampai saat ini belum bisa melakukan proses pencairan dana desa tahap II karena terganjal dengan belum adanya LPJ pemanfaatan Dana Desa tahun anggaran 2020 yang menjadi syarat pencairan Dana Desa Tahap II.

Seperti pengakuan Mantan Pejabat Hukum Tua Desa Tinongko Jolanda Beathries dimana telah terjadi dugaan penyalagunaan anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2020 khusus untuk proyek fisik pembangunan drainase yang dilakukan  Plt. Hukum Tua Desa Tinongko sebelemnya Ruddy Ponge.

"Ada anggaran pembuatan drainase yang diambil dari dana desa tahun anggaran 2020 sebesar  Rp 158 juta kemudian  pemotongan dana BLT sebesar Rp 1 juta kepada 38 KK, total semua mencapai Rp. 203 Juta," ujar Jolanda.

Dibagian lain Plt Hukum Tua Desa Tinongko Ellen Theo mengatakan sampai saat ini pihaknya belum bisa mendapatkan Dana Desa tahap II tahun anggaran 2021, karena tidak adanya LPJ pemanfaatan Dana Desa Tahun anggaran 2020.

"Sampai saat ini kami belum menerimah Dana Desa tahap II Tahun anggaran 2021, karena belum memasukan LPJ Dana Desa Tahun anggaran 2020," tutup Ellen Theo.

Sementara itu sampai berita ini diturunkan Mantan Hukum Tua Desa Tinongko Ruddy Ponge ketika dikonfirmasi lewat tlpn celulernya tidak aktif. (Joyke)