Antisipasi Potensi Bencana, Bupati FDW Pimpin Apel Kesiapsiagaan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Antisipasi Potensi Bencana, Bupati FDW Pimpin Apel Kesiapsiagaan

Bupati dan Wabup foto bareng usai kegiatan. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH memimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana dan Mobil Masker di Kabupaten Minsel, Jumat (12/11/2021) pagi.

Kegiatan tersebut digelar di lapangan Kantor Bupati Minsel, Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur. 

Apel Kesiapsiagaan dihadiri jajaran Forkopimda Minsel yakni Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Rembang, M.Th, Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon, SIK, Dandim 1302 Minahasa diwakili Danramil Amurang Kapten Inf. Ramli Hamanja, dan Kajari Minsel diwakili Aldi Harman, SH.

Hadir pula unsur Pimpinan DPRD Minsel, Stefanus D.N. Lumowa, SE dan Paulman Stevanus Runtuwene, ST, Kepala Pos SAR Amurang Hartje Raintama, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Minsel, PJU Polres Minsel, para Kapolsek dan sejumlah Camat.

Adapun peserta apel terdiri dari anggota TNI, personel gabungan Polres Minsel, Sat Pol PP dan Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, petugas Pos SAR Amurang, pengurus IOF Minsel, dan anggota Orari.

Bupati Minsel dalam sambutannya mengatakan, perlu dilakukan berbagai upaya guna mengantisipasi datangnya La Nina menjelang akhir tahun 2021 ini.

Upaya antisipatif yang perlu dilakukan yakni identifikasi ancaman potensi bahaya yang mungkin terjadi, melaksanakan koordinasi kesiapsiagaan dalam rangka berbagi peran dan menyiapkan sumber daya, serta menyiapkan rencana kontinjensi. 

"Bila perlu, laksanakan gladi dan simulasi dengan melibatkanlah seluruh stakeholder yang ada. Sosialisasikan kepada masyarakat mengenai kesiapsiagaan, dan apa yang harus dilakukan," kata Kepala Daerah yang akrab disapa FDW ini.

Mantan Anggota DPRD Provinsi Sulut Dapil Minsel-Mitra 3 periode ini juga mengingatkan, terhitung sejak 10 November 2021 Pemkab Minsel telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh wilayah Minsel.

Sejumlah aturan yang telah ditetapkan, baik untuk area sekolah, kantor, maupun tempat-tempat keramaian/fasilitas publik, harus ditaati.

Bupati FDW menyerahkan masker kepada Camat Tenga. (foto: Ist)

"Mengenai percepatan vaksinasi, juga harus menjadi perhatian kita semua. Karena semua yang coba diusahakan oleh pemerintah, mulai dari tingkat pusat hingga daerah, semuanya untuk kepentingan kita bersama," pungkasnya.

Apel diakhiri dengan sosialisasi mobil masker oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pada kesempatan itu, Bupati FDW membagikan masker kepada 17 Kecamatan se-Kabupaten Minsel, yang diwakili oleh perwakilan lima kecamatan, masing-masing Kecamatan Tumpaan, Amurang Timur, Amurang, Amurang Barat dan Tenga.

Masker juga diberikan kepada perwakilan unsur TNI, Polri, IOF dan Orari. (Simon)