FDW Resmi Pimpin KONI, Kandouw Optimis Olahraga Minsel Makin Berkembang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

FDW Resmi Pimpin KONI, Kandouw Optimis Olahraga Minsel Makin Berkembang

 Penyerahan pataka oleh Ketua Umum KONI Sulut kepada Ketua Umum KONI Minsel. (foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL – Ketua Umum KONI Sulawesi Utara (Sulut), Drs. Steven O.E Kandouw resmi mengukuhkan dan melantik Franky Donny Wongkar, SH (FDW) sebagai Ketua Umum KONI Minahasa Selatan (Minsel) periode 2021-2025. 

Kegiatan pengukuhan dan pelantikan berlangsung di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel, Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur, Kamis (04/11/2021) sore.

Pengukuhan dan pelantikan pengurus KONI Minsel ditandai dengan pengucapan janji prasetya, penandatanganan berita acara dan penyerahan pataka. 

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) KONI Sulut Nomor 50 Tahun 2021, pengurus KONI Minsel masa bakti 2021-2025 terdiri dari Ketua Umum Franky Donny Wongkar, SH, Ketua I/Ketua Harian Franky Jirro Lelengboto, ST, Wakil Ketua II Sonny Makaenas, AP, SIP, M.Si, Wakil Ketua III Dekky Jusni Tuwo, S.Sos, Wakil Ketua IV Hendra Pandeynuwu, SE.

Sementara posisi Sekretaris Umum dijabat Drs. Semuel Pattylima, M.Pd, dan Bendahara Umum Ricky C. Kalangi, SE. Struktur pengurus juga dilengkapi dengan sejumlah bidang dan komisi.

Ketua Umum KONI Minsel Franky Donny Wongkar, SH dalam sambutannya menyatakan komitmennya memajukan olahraga di Kabupaten Minsel melalui kerjasama dan pembinaan berkelanjutan.

Dikatakannya, kedepan KONI Minsel akan terus mengembangkan sejumlah Cabor, terlebih Cabor unggulan agar dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi, yang mampu mengharumkan Kabupaten Minsel dan Provinsi Sulut. 

Kepada seluruh pengurus KONI Minsel, mantan Anggota DPRD Provinsi Sulut Dapil Minsel-Mitra ini mengimbau untuk mengembangkan sikap dan semangat sense of belonging (rasa memiliki) demi memajukan olahraga di daerah ini.

Bupati Minsel yang akrab disapa FDW ini juga mengajak untuk bergandengan tangan dan menyusun program bersama, program yang terencana dan berkesinambungan. 
Pengurus KONI Minsel mengucapkan Janji Prasetya. (foto: Sulut24/Simon)

"Minsel harus berprestasi, dan ini  hanya bisa terjadi jika kita semua punya rasa memiliki, siap bekerja keras dan saling bergandengan tangan,” pungkas Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sulut ini.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Sulut Drs. Steven O.E Kandouw dalam sambutannya menyatakan, dukungan dari pemerintah daerah dalam hal ini Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE terhadap olahraga prestasi di daerah ini sangat besar. 

“Menjadi tugas berat Ketua Umum KONI Minsel untuk menjawab tantangan itu dengan prestasi. Tapi saya yakin, di tangan Pak Franky Donny Wongkar, prestasi olahraga di Minsel akan lebih maju. Minsel pasti mampu melahirkan dan mengorbitkan atlet-atlet berprestasi, baik di tingkat Nasional maupun International," katanya.

Kandouw mengungkapkan, ada tiga institusi yang setiap tahun mendapat dana hibah dari pemerintah, yakni Palang Merah Indonesia (PMI), Pramuka, dan KONI.

“Sangat tepat bila Bupati Franky Wongkar memimpin KONI Minsel. Sebab, bupati sebagai pengambil keputusan di daerah ini, pasti bisa menopang anggaran untuk KONI,” tukasnya sembari mengingatkan, untuk mengembangkan olahraga, apalagi mengukir prestasi, butuh anggaran yang besar.

Ditambahkannya, olahraga dapat dijadikan sebagai tool (alat) pemersatu bangsa, pengangkat harkat dan martabat bangsa, serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). 

“Beberapa negara di Eropa dan Amerika Latin, olahraga menjadi prioritas, sehingga nama suatu negara dikenal karena prestasi olahraganya. Bahkan, olahraga tertentu identik dengan nama sebuah negara,” ungkapnya. 

Kandouw pun meminta pengurus KONI Minsel menggali dan mengembangkan Cabor tertentu yang berpotensi dijadikan Cabor unggulan, yang disesuaikan dengan kondisi dan potensi Sumber Daya Alam (SDA) serta fasilitas penunjang yang ada di Minsel.

Tidak mungkin Cabor paralayang atau terjun payung, misalnya, dijadikan Cabor unggulan di Minsel. Kedepan juga perlu dibangun fasilitas penunjang olahraga yang representatif di Minsel.

"Dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Sulut, setahu saya Minsel sampai saat ini belum memiliki fasilitas olahraga yang representatif seperti Gelanggang Olahraga (GOR),” sentil mantan Ketua DPRD Provinsi Sulut ini.

Turut hadir pada hajatan tersebut, pengurus KONI Provinsi Sulut, di antaranya Ketua Harian Kolonel (Inf) Theo Kawatu, dan Sekretaris Umum Tonny Kulit. 

Dari lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel, tampak hadir Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th, Sekretaris Daerah Denny Kaawoan, SE, M.Si, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Minsel, dan undangan lainnya. (Simon/Adv)