Pemkab Minsel Berduka, Kehilangan Sosok Pekerja Keras Denny Kaligis, SH - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pemkab Minsel Berduka, Kehilangan Sosok Pekerja Keras Denny Kaligis, SH

 Almarhum Denny Alsouverien Kaligis, SH. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - JAJARAN  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) berduka cita. 

Salah seorang Staf Khusus (Stafsus) Bupati Minsel yang selama ini dikenal sebagai sosok pekerja keras dan ulet, Denny Alsouverien Kaligis, SH, meninggal dunia pada Jumat (12/11/2021). 

Kaligis menghembuskan napas terakhir sekira pukul 05.24 WITA, di RSUP Prof. Kandouw, Manado. Almarhum meninggal dalam usia 65 tahun, 2 bulan, dan 12 hari. 

Lelaki kelahiran Langowan, 31 Agustus 1956 ini, diduga kuat meninggal dunia akibat sakit jantung.

"Papi masuk rumah sakit dengan keluhan sakit di bagian perut dan dada. Papi memang memiliki riwayat sakit jantung. Kemungkinan besar meninggal karena sakit jantung," ungkap Royke Kaligis, anak sulung almarhum kepada wartawan.

Sosok Denny Kaligis memang sangat dekat serta melekat erat dengan kalangan pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Minsel. 

 Kaligis saat mendampingi Bupati Minsel audiensi dengan Wamen PUPR. (foto: Ist)

Ia dikenal sebagai sosok pekerja keras, tegas, berkharisma, cerdas, loyal kepada atasan, dan mudah bergaul dengan siapa saja.

Tak heran, ia pun dikenal luas dan akrab dengan kalangan pejabat teras di jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), termasuk Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven O.E. Kandouw.

Sejak Kabupaten Minsel terbentuk pada 2003 silam, Kaligis telah mengabdi di daerah hasil pemekaran Kabupaten Induk Minahasa ini. Bahkan, ia mengabdi total hingga purna bhakti di daerah ini. 

Di era Bupati Minsel Drs. Ramoy Markus Luntungan (RML), ia pernah menjabat Kepala Dinas (Kadis) Kehutanan dan Perkebunan Minsel periode 2004-2006.

Selang 2007-2008, masih di era Bupati RML, ia kembali dipercayakan menjabat Kadis Kehutanan Minsel.

Di era Bupati Christiany Eugenia Paruntu, SE, Kaligis juga pernah menjabat Inspektur, menahkodai Inspektorat Kabupaten Minsel. 

Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, meski sudah purna bhakti sebagai ASN, tenaga Kaligis tetap dibutuhkan oleh pihak user. 

Almarhum bersama rekan Staf Khusus Pjs. Bupati Minsel Drs. Meiki M. Onibala, M.Si. (foto: Simon)

Ia pun direkrut oleh Penjabat Sementara (Pjs). Bupati Minsel Drs. Meiki Marthen Onibala, M.Si sebagai Stafsus Bupati.

Saat ini, di era pemerintahan Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th, lelaki enerjik, murah senyum dan sarat pengalaman ini kembali direkrut sebagai Stafsus Bupati Bidang Pengawasan.

Selama bertugas sebagai orang kepercayaannya Bupati Minsel, banyak sumbangsih ide dan pemikiran yang pernah ia berikan. 

Kaligis pernah sukses memediasi pertemuan antara Bupati Franky Wongkar dengan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Wamen PUPR), John Wempy Wetipo, SH, MH, di Kementerian PUPR, di Jakarta.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada 25 Maret 2021 dan turut disaksikan Pelaksana Tugas (Plt). Kepala Dinas PUPR Minsel Dekky Jusni Tuwo, S.Sos itu, Bupati Franky Wongkar mengusulkan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Minsel kepada Wamen PUPR.

Dalam suatu kesempatan wawancara, saat Kaligis masih bertugas sebagai Stafsus Pjs. Bupati Onibala, terungkap kalau Kaligis sudah cukup lama menjalin persahabatan dengan Wamen PUPR. 

"Waktu Pak Wamen masih kuliah, saya dianggap sebagai mentor dan papa asuhnya beliau. Saya sering bantu kuliah beliau hingga lulus sebagai Sarjana Hukum. Siapa sangka akhirnya beliau menjadi orang nomor dua di Kementerian PUPR," ungkap Kaligis kepada wartawan. 

Alumnus SMAN 1 Langowan yang pernah menimba ilmu di Pasca Sarjana Hukum Unsrat Angkatan 2000 ini, meninggalkan seorang istri, Femitje Kapoyos, serta dua anak yakni Royke, tinggal di Tumpaan-Minsel, dan Meylina yang hingga kini menetap di Australia.

Bupati dan Wabup Minsel saat menerima dan melepas jenazah almarhum di Kantor Bupati. (foto: Simon)

Dari hasil pernikahan anak pertama, Royke Kaligis dengan dr. Wiwin Imelda Opod (Kel. Kaligis-Opod), almarhum Kaligis dikaruniai empat cucu, masing-masing Mayang, Michelle, Mikhael, dan Marcel.

Jenazah almarhum sempat disemayamkan d lobi Kantor Bupati Minsel, diterima dan selanjutnya dilepas oleh Bupati Franky Donny Wongkar, SH didampingi Wabup Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th, Jumat (12/11/2021) sore.

Turut melepas kepergian almarhum, sejumlah pejabat teras Pemkab Minsel dan beberapa Stafsus Bupati.

Menurut informasi dari pihak keluarga, almarhum Syamas/Diaken Denny Alsouverien Kaligis, SH akan dimakamkan Senin (15/11/2021), di Desa Sendangan, Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa.

Selamat jalan Pak Kaligis, selamat berpulang ke rumah Bapa di surga. (Simon Manorek)