28 Administrator Tuntas Ikuti Tahapan Seleksi Terbuka JPTP - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas


Advertisement

28 Administrator Tuntas Ikuti Tahapan Seleksi Terbuka JPTP

Tahapan tes wawancara seleksi terbuka JPTP di lantai 4 Kantor Bupati Minsel. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Sebanyak 28 pejabat Administrator peserta seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel), tuntas sudah mengikuti tahapan demi tahapan yang harus diikuti.

Tahapan terakhir yang telah mereka ikuti, yakni tes wawancara.

Seleksi terbuka digelar untuk mengisi tujuh jabatan yang lowong dan hingga kini hanya dipimpin oleh pejabat Pelaksana Tugas (Plt).

Jabatan dimaksud yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Inspektur Daerah, Kepala Dinas Pangan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD), Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), dan Asisten Administrasi Umum (Asisten III).

Adapun tes wawancara dilakukan secara bergilir, dan disesuaikan dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Panitia Seleksi (Pansel) bekerja sama dengan Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Minsel.

Pansel dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Minsel, Denny P. Kaawoan, SE, M.Si, dibantu tiga asesor independen dari unsur akademisi, dan satu asesor dari unsur pejabat teras Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).

Tiga asesor dari unsur akademisi masing-masing DR. Wempie Kumendong, SH, MH (Unsrat), DR. Tommy Palapa, M.Si (Unima), dan DR. Johny Taroreh, M.Si (Unima).

Sementara asesor dari unsur pejabat teras Pemprov Sulut adalah DR. Femmy J. Suluh, M.Si, mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulut yang kini menjabat Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Provinsi Sulut.

Terpantau, pada hari Rabu (15/12/2021) siang, peserta seleksi yang melamar jabatan Asisten Administrasi Umum dan Kepala BPBD Minsel, giliran menjalani tes wawancara. 

Jabatan Asisten Administrasi Umum dilamar oleh empat pejabat eselon III. Tiga diantaranya dari lingkup Pemkab Minsel, dan seorang lagi dari lingkup Pemprov Sulut, yakni Arthur Tumipa, M.Ed.

Lelaki asal Modoinding-Minsel itu, saat ini masih menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA, di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut.

Wawancara sekaligus presentasi dilakukan di ruang rapat Sekda Minsel, mulai pukul 13.00 WITA hingga sore hari.

Sedang mempersiapkan diri sebelum diwawancarai di ruang rapat Sekda Minsel. (foto: Sulut24/Simon)

Selain dicecar dengan sejumlah pertanyaan oleh Tim Pansel, keempat kandidat Asisten III tersebut juga sempat diwawancarai oleh mantan Kepala BKD Provinsi Sulut, Dr. Femmy J. Suluh, M.Si. 

Menjelang sore, kegiatan dilanjutkan dengan tes wawancara bagi peserta seleksi yang membidik posisi Kepala BPBD Minsel.

Jabatan tersebut dilamar oleh empat peserta. Satu diantaranya yakni Thorie Recky Joseph, SH yang kini menjabat Plt. Kepala BPBD Minsel. 

Sehari sebelumnya, Selasa (14/12/2021), tes wawancara diikuti peserta yang melamar di Inspektorat Kabupaten Minsel, serta Kepala Badan Kesbangpol Minsel.

Satu diantara empat peserta yang melamar di Inspektorat Minsel adalah F. Hendra Pandeynuwu, SE, yang kini menjabat Plt. Kepala Inspektorat Kabupaten Minsel. 

Wawancara sekaligus presentasi khusus para pelamar Inspektorat Minsel ini, menyita waktu cukup lama. 

Para peserta bahkan sempat istirahat makan siang, sebelum melanjutkan sesi wawancara hingga menjelang sore hari.

Khusus pelamar Inspektorat Minsel, selain diwawancarai oleh para asesor, mereka juga diwawancarai secara virtual via Zoom Meeting oleh Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulut.

Menjelang sore, giliran peserta seleksi yang melamar di Badan Kesbangpol Minsel, yang menjalani tes wawancara.

Jabatan Kepala Badan Kesbangpol juga dilamar oleh empat pejabat eselon III. Satu diantaranya adalah Setho Semuel Slaat, ST, yang kini menjabat Plt. Kepala Badan Kesbangpol Minsel.

Sebelumnya, juga telah dilakukan tes wawancara bagi 8 pejabat eselon III yang mengincar kursi Kepala BKD Minsel dan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Minsel, di lantai 4 Kantor Bupati Minsel.

Sebagian pejabat eselon III yang mengikuti seleksi terbuka JPTP. (foto: Sulut24/Simon)

Dua diantara kedelapan pejabat tersebut, yakni Sonny Makaenas, AP, S.IP, M.Si, yang kini menjabat Plt. Kepala BKD Minsel, dan Royke R. Durand, ST, MT, yang kini menjabat Plt. Kadis PUPR Minsel. 

Diperoleh informasi, hasil seleksi terbuka terhadap 28 Administrator tersebut, selanjutnya akan diserahkan oleh Pansel kepada Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar, SH. (Simon)