Diterima Bupati FDW, PT. Cargill Indonesia Beri Hibah Mobil Ambulans dan Alkes Senilai Rp. 1,4 Miliar - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas


Advertisement

Diterima Bupati FDW, PT. Cargill Indonesia Beri Hibah Mobil Ambulans dan Alkes Senilai Rp. 1,4 Miliar

Bupati FDW mewakili Pemkab Minsel menerima bantuan alkes dari PT. Cargill Indonesia. (foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Guna menunjang pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), PT. Cargill Indonesia menunjukkan kepedulian sosialnya dengan memberikan bantuan/hibah senilai Rp. 1,4 miliar kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel, dalam hal ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Amurang.

Hibah yang bersumber dari dana Coorporate Social Responsibility (CSR) PT. Cargill Indonesia itu, terdiri dari satu unit mobil ambulans senilai Rp. 310.000.000, dan 10 item alat kesehatan (alkes) senilai Rp. 1.090.800.000.

Hibah mobil ambulans dan alkes itu diserahkan dalam suatu acara yang digelar di RSUD Amurang, Kamis (06/01/2022) sore.

Hajatan tersebut dihadiri Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Denny P. Kaawoan, SE, M.Si.

Sementara dari pihak donatur, tampak hadir Coorporate Responsibility Manager PT. Cargill Indonesia, Yohanes Agung Baskoro, dan Plant Manager PT. Cargill Indonesia Amurang, Imelda Tandako, ST.

Hadir pula Executive Director Mercy Corps Indonesia, Ade Soekadis, dan Sekretaris Yayasan Cempaka Education Center, Didik Wahyudi.

Bantuan satu unit mobil ambulans merupakan program pengadaan dan distribusi bantuan peralatan medis tahun 2021 dari PT. Cargill Indonesia yang diserahkan melalui Yayasan Cempaka Education Center.

Sementara hibah alkes dari PT. Cargill Indonesia diserahkan melalui Mercy Corps Indonesia. 

Dalam laporannya, Plant Manager PT. Cargill Indonesia Amurang, Imelda Tandako, ST mengungkapkan, PT. Cargill Indonesia selama ini telah mengambil langkah-langkah inisiatif untuk bergandeng tangan/berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda). 

"Kolaborasi ini dilakukan terutama untuk membantu program penanganan pandemi Covid-19 serta dampaknya bagi perekonomian masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara, termasuk Kabupaten Minsel," jelas Imelda Tandako.

Bupati FDW sedang memeriksa mobil Ambulans hibah dari PT. Cargill Indonesia. (foto: Sulut24/Simon)

Ditambahkannya, pada tahun ini PT. Cargill Indonesia kembali berinisiatif untuk mendukung fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit (RS) dan Puskesmas secara Nasional di beberapa lokasi bisnis di Indonesia, termasuk RSUD Amurang.

"Kami memfokuskan donasi pada peralatan-peralatan penunjang penanganan Covid-19. Seperti mobil ambulans dan 10 item alkes yang diberikan kepada Pemkab Minsel, dalam hal ini RSUD Amurang," ungkap Imelda Tandako.

10 item alkes dimaksud, diantaranya High Flow Nasa Cannule (HFNC), Continuous Positive Airway Pressure (CPAP), Elektrokardiografi (EKG), dan Patien Monitor.

Sementara itu, Bupati Minsel dalam sambutannya  menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT. Cargill Indonesia atas kepedulian sosialnya dalam membantu Pemkab Minsel di bidang kesehatan. 

Menurutnya, bantuan alkes dan mobil ambulans tersebut sangat berarti, dan besar manfaatnya bagi masyarakat Minsel yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Semoga kolaborasi dan sinergitas antara Pemkab Minsel dengan PT. Cargill Indonesia akan terus berlanjut," harap Kepala Daerah yang akrab disapa FDW ini.

Usai membawakan sambutan, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima hibah oleh Bupati FDW mewakili Pemkab Minsel, Didik Wahyudi mewakili Yayasan Cempaka Education Center, dan Ade Soekadis mewakili Mercy Corps Indonesia.

Usai penandatanganan berita acara, Bupati FDW berkenan mengecek kondisi mobil ambulans dan sejumlah alkes yang dihibahkan oleh PT. Cargill Indonesia. 

Turut hadir pada kesempatan itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Drs. Benny V.J. Lumingkewas, Asisten Administrasi Umum Arthur Donald Tumipa, M.Ed, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Minsel, Melky Manus, S.STP, dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Minsel dr. Erwin Schouten didampingi Sekretaris dr. Wiwin I. Opod.

Bupati didampingi Sekda Minsel foto bareng pimpinan PT Cargill Indonesia. (foto: Sulut24/Simon)

Hadir pula Direktur RSUD Amurang dr. Franky Oscar Tumbuan didampingi KTU Ruland Manopo, SE, Kabid Pelayanan Medik Penunjang Ns. Only Heppy Kadjiman, S.Kep, dan Kabid Pelayanan Medik dr. Rio Najoan.

Dari pihak pemerintah kecamatan dan desa setempat, tampak hadir Camat Amurang Barat Drs. Hanny N.C Kondoy, dan Pejabat Hukum Tua Desa Teep Trans, Silvana M. Wahongan, SP.

Terpantau, hajatan tersebut berlangsung sukses, berkat persiapan matang selama dua hari penuh yang dilakukan oleh pihak menejemen RSUD Amurang. (Simon)