Respon Cepat, Bupati FDW Bersama OPD Terkait Tinjau Lokasi Banjir di Desa Ranoyapo - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Respon Cepat, Bupati FDW Bersama OPD Terkait Tinjau Lokasi Banjir di Desa Ranoyapo

 Bupati FDW bersama pimpinan OPD terkait saat meninjau lokasi banjir di Desa Ranoyapo, Kecamatan Ranoyapo. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH  turun langsung meninjau lokasi banjir yang terjadi di Desa Ranoyapo, Kecamatan Ranoyapo, Senin (14/02/2022).

Bupati Minsel turun meninjau bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa setempat.

Tindakan ini menunjukkan respon cepat tanggap dan wujud kepedulian sosial yang tinggi dari pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel, dalam hal ini Bupati Franky Wongkar, terhadap masyarakat yang menjadi korban bencana.

Terkait kerusakan yang terjadi akibat bencana banjir tersebut, Bupati Franky Wongkar menyatakan, Pemkab Minsel akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dan Pemerintah Pusat.

Pasalnya, terkait penyelenggaraan penanggulangan bencana, ada yang masuk dalam tanggung jawab dan wewenang Pemerintah Pusat. 

Ada pula yang masuk dalam tanggung jawab dan wewenang Pemprov Sulut. 

"Yang masih masuk kewenangan Pemkab Minsel, akan segera dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Minsel," kata Kepala Daerah yang akrab disapa FDW ini.

Sebagaimana diketahui, menurut Pasal 5 Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Minsel Royke Ronald Durand, ST, MT, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minsel Thorie Recky Joseph, SH, MM, dan Camat Ranoyapo Franklin F. Mokoagow, SH. 

Hadir pula Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Minsel Oktavianus Rommy Sengkey, ST, M.Si didampingi Kepala Seksi SDA Arui Regar, ST.

Tampak pula Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Minsel Youdi Mariane Rumerung, M.Si beserta personil Tim Reaksi Cepat yang terdiri dari Fenti Mokalu, Joint Kawung, Jander Jacob, dan Aristo Kantu. (Simon)