Sukses Bangun RTP Kawasan Pertokoan Amurang, Gubernur Olly Salut FDW-PYR - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Sukses Bangun RTP Kawasan Pertokoan Amurang, Gubernur Olly Salut FDW-PYR

Penandatanganan prasasti peresmian RTP Kawasan Pertokoan Amurang oleh Kadis PUPR Sulut Ir. Alex Watimena, M.Si dan Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH. (foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Jelang setahun menahkodai Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Bupati Franky Donny Wongkar, SH (FDW) bersama Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th (PYR) telah membuat banyak terobosan nyata.

Salah satunya yakni berhasil mempercantik wajah kota Amurang dengan membangun Ruang Terbuka Publik (RTP) di Kawasan Pertokoan Amurang, berupa sebuah taman yang asri, bahkan dapat dijadikan sebagai Ikon baru bagi Kabupaten Minsel. 

Kepiawaian kepemimpinan duet FDW-PYR tak ayal mendapat apresiasi khusus dari Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey, SE. 

Apresisasi ini disampaikan dalam sambutan Gubernur Sulut pada acara peresmian RTP Kawasan Pertokoan Amurang, yang digelar Rabu (02/02/2022) sore. 

Gubernur Olly bahkan mengucapkan banyak selamat atas diresmikannya RTP Kawasan Pertokoan Amurang tersebut.

“Selamat atas diresmikannya RTP Kawasan Pertokoan Amurang. Ini sungguh luar biasa. Kawasan tempat kita berdiri ini, sekarang telah ditata menjadi lebih indah dan memiliki nilai estetika yang tinggi," kata Olly dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Daerah Provinsi Sulut Ir. Alex Watimena, M.Si.
 Kadis PUPR Sulut bersama Bupati dan Wabup Minsel meninjau langsung fasilitas yang ada di RTP Kawasan Pertokoan Amurang. (foto: Sulut24/Simon)

Watimena hadir dalam hajatan tersebut, mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE. Kegiatan peresmian RTP ini, diawali dengan ibadah singkat dipimpin oleh Pdt. Junita Surentu, M.Th (Ny. Rumambi).

Dalam sambutannya, Gubernur Olly mengharapkan, dengan diresmikannya RTP ini, akan diringi pula dengan semakin kontributifnya segenap kalangan masyarakat Minsel bagi peningkatan perekonomian di daerah Sulut.

Menurutnya, pembangunan ekonomi sangat berpengaruh dalam peningkatan atau Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pasalnya, PAD adalah salah satu sumber keberlangsungan pembangunan.

"RTP ini merupakan ruang yang penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk kenyamanan relaksasi dalam melakukan kegiatan aktif," tutur Ketua DPD PDI-P Sulut ini.

Ditambahkannya, RTP ini akan menjadi salah satu pusat kegiatan ekonomi yang dapat mendorong dan memperlancar kegiatan ekonomi masyarakat Minsel.
 Kadis PUPR Sulut bersama Bupati dan Wabup didampingi Forkopimda dan para pejabat teras Pemkab Minsel foto bersama usai peresmian. (foto: Sulut24/Simon)

“Kehadiran RTP pada beberapa tempat di Indonesia, sangat mampu memberi dampak positif bagi pembangunan daerah, dan menunjang sektor-sektor strategis daerah," jelasnya.

Dia berharap pula, RTP ini dapat menjadi media transaksi masyarakat yang representatif dan dapat menciptakan peluang bisnis yang prospektif bagi para pelaku utama. Khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Minsel.

Usai membawakan sambutan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Minsel dan Kadis Watimena, mewakili Gubernur Sulut. Dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Bupati Minsel.

Pada kesempatan itu, Kadis Watimena bersama Bupati FDW dan Wabup PYR didampingi Sekretaris Daerah Minsel Denny P. Kaawoan, SE, M.Si dan Kadis PUPR Minsel Royke Ronald Durand, ST, MT meninjau langsung fasilitas dan sarana penunjang yang tersedia di RTP tersebut. 

Turut meninjau pula, Ketua TP-PKK Kabupaten Minsel Ny. Elsje Rosje Wongkar Sumual didampingi Sekretaris Ny. Rembang Juliwati, unsur Forkopimda Minsel, para pejabat teras di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel, dua Anggota DPRD Minsel dari Fraksi PDI-P Franky Jirro Lelengboto, ST dan Jerry Willem Pangkey, dan Camat Amurang Roommy Rumagit, S.Sos.

Salah satu daya tarik yang mampu menarik perhatian banyak orang, yakni fasilitas air mancur yang dipadu dengan sorotan sinar lampu beraneka warna.
Indahnya pemandangan RTP pada malam hari saat dipotret dengan drone. (foto: Ist)

Menjelang malam hari, kawasan RTP ini dibanjiri masyarakat Minsel yang datang dari berbagai penjuru. 

"Sungguh indah disain dan penataan kawasan RTP ini. Harus diakui, Minsel semakin cantik dan maju dibawah kepemimpinan Bupati FDW dan Wabup PYR," ujar Hendra Rompas, S.Pd dan Meyer Rampisela, dua warga Minsel yang datang menikmati indahnya RTP Kawasan Pertokoan Amurang, pada malam hari itu. (Simon)