TP-PKK Minsel Ikut Pembekalan Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

TP-PKK Minsel Ikut Pembekalan Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19

 Pengurus dan anggota TP-PKK Minsel saat mengikuti Pembekalan Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Guna mendukung pencegahan pandemi Covid-19 serta mendorong percepatan vaksinasi, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mengikuti kegiatan Pembekalan Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19, di Lantai IV Kantor Bupati Minsel, Selasa (08/02/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh TP-PKK Pusat secara daring lewat aplikasi Zoom Cloud Meetings.

Pembekalan ini merupakan bagian dari gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana.

Hajatan ini juga bertujuan menjadikan Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19 sebagai Duta Perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Minsel Ny. Elsje Rosje Wongkar Sumual didampingi Sekretaris Ny. Rembang Juliwati beserta segenap pengurus dan Ketua-Ketua Bidang.

Kegiatan pembekalan ini diikuti pula oleh Ketua dan Anggota serta para Kader Kelompok Kerja (Pokja) IV TP-PKK Kabupaten Minsel dan TP-PKK Kecamatan.

Pasalnya, Pokja IV menangani program kesehatan dan perencanaan sehat di kalangan masyarakat. 

Ketua TP-PKK Kabupaten Minsel Ny. Elsje Rosje Wongkar Sumual dalam sambutannya mengatakan, pembekalan ini bertujuan melatih para Kader PKK di Kabupaten Minsel agar dapat ikut serta dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Pada kesempatan itu, ia pun mengajak seluruh Kader PKK di Kabupaten Minsel, termasuk Kader PKK Kecamatan, untuk bersama-sama terlibat dalam percepatan vaksinasi, serta berperan aktif melawan Covid-19.

"Mari kita berperan aktif melawan Covid-19 dengan cara memberlakukan PHBS dimulai dari keluarga masing-masing, dan tetap menjaga Protokol Kesehatan (Prokes)," imbau Anggota DPRD Minsel yang juga istri tercinta Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH ini.

Kegiatan pembekalan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Umum TP-PKK Pusat Ny. Tri Tito Karnavian, diawali prakata dari Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto, S.Sos, M.M.

Peserta juga mendapatkan materi pembekalan dari Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Dr. Sonny Harry B. Harmadi, dan Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan TP-PKK Pusat Ny. Safriati Safrizal, ZA.

Materi pembekalan yang disampaikan oleh para narasumber, antara lain "Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana Dalam Rangka Menuju PHBS di Masa Pandemi Covid-19", "Peningkatan Protokol Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan Covid-19", dan "Penggunaan Aplikasi Bersatu Lawan Covid-19 (BLC)".

Peserta juga dibekali materi bertajuk "Mendorong Percepatan Capaian Vaksinasi Covid-19", dan "Strategi Pencegahan Stunting Dalam Mewujudkan Generasi yang Sehat dan Berkualitas". 

Ketua TP-PKK Minsel Ny. Elsje Rosje Wongkar Sumual sedang membawakan sambutan. (foto: Ist)

Sementara itu, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto, S.Sos, M.M, yang turut hadir lewat zoom meeting berharap, kehadiran Kader PKK dapat menjaga status kesehatan masyarakat dan juga melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat terkait penerapan PHBS dalam keluarga.

"Diharapkan pula komitmen masyarakat untuk menerapkan Prokes dan bersinergi dengan pemerintah guna meningkatkan capaian Vaksinasi Covid-19 di Indonesia," tutur Suharyanto

Kegiatan pembekalan ini diikuti sebanyak 12.470 kader yang merupakan kader PKK yang ada di 34 provinsi, yang terdiri dari 50 orang di setiap kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. (Simon)