Bupati Franky Wongkar dan Wabup Petra Rembang Ikut Sidang Majelis Sinode ke-81 GMIM - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Bupati Franky Wongkar dan Wabup Petra Rembang Ikut Sidang Majelis Sinode ke-81 GMIM

Pembukaan SMS ke-81 GMIM Tahun 2022 ditandai dengan pemukulan tetengkoren oleh Gubernur Sulut. (foto: Ist)

Sulut24.com, TOMOHON - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH bersama Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th menghadiri dan mengikuti Sidang Majelis Sinode (SMS) ke-81 Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Tahun 2022, yang digelar di Lantai 3 Aula Kantor Sinode GMIM, Kota Tomohon, Senin (28/03/2022).

SMS ke-81 GMIM Tahun 2022 mengangkat Tema "Aku Adalah yang Awal dan yang Akhir" dan Sub Tema "Bersama Seluruh Warga Bangsa, Gereja Memperkokoh NKRI yang Demokratis, Adil dan Sejahtera Bagi Semua Ciptaan Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945". 

Bunyi tetengkoren dengan rombongan pria dan wanita berbaju adat Minahasa mengawali ibadah pembukaan sidang.

Dilanjutkan dengan ibadah dipimpin oleh Sekretaris Umum BPMS GMIM, Pdt. DR. Evert A. Tangel, S.Th, M.Pd.K.

Kegiatan lima tahunan tersebut diikuti 1.883 peserta dan dilaksanakan selama tiga hari, mulai 28 hingga 30 Maret 2022.

Puncaknya, pada Rabu (30/03/2022) akan dilaksanakan agenda pemilihan Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM periode pelayanan 2022-2027, di Grand Kawanua Convention Center (GKCC) Manado.

Sidang dipusatkan di Kantor Sinode GMIM dan terhubung secara virtual dengan 7 klaster/rayon di wilayah pelayanan GMIM.

Persidangan di hari pertama ini dilangsungkan secara hybrid, yakni perpaduan antar daring dan tatap muka/luring.

Gubernur Olly Dondokambey, SE, foto bersama para Kepala dan Wakil Kepala Daerah se-Provinsi Sulut (Foto:Ist)

Persidangan berpusat di Lantai 3 Aula Kantor Sinode GMIM, dan diikuti oIeh peserta sidang utusan jemaat dan wilayah sesuai rayon masing-masing.

Ketua Umum Panitia Pemilihan Aras Sinode Olly Dondokambey, SE membuka secara resmi pelaksanaan sidang.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) ini mengucapkan selamat melaksanakan sidang bagi semua peserta di berbagai wilayah.

Ia berharap momentum ini membuat semua komponen GMIM berani melakukan perubahan dan terobosan baru agar eksisten gereja semakin nyata.

“Silakan tetapkan program-program demi kepentingan pelayanan kedepan,” kata Olly.

Gubernur Sulut ini berharap terjadi sinergitas yang baik dalam menjawab kebutuhan dan memajukan gereja di masa mendatang.

Menurutnya, GMIM sangat berpengaruh dalam proses pembangunan daerah, karena mayoritas masyarakat Sulut adalah warga GMIM.

“Mari ciptakan keputusan-keputusan yang membawa kedamaian bagi Sulut dan terima kasih kepada semua pengurus sinode periode 2018-2022,” tutur Gubernur Olly yang juga Ketua Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (MPH-PGI).

Pembukaan ini juga dihadiri Ketua BPMS GMIM periode 2022-2027 Pdt. Dr. Hein Arina, dan Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven O.E. Kandouw yang juga Wakil Ketua Panitia Pemilihan Aras Sinode.

Hadir pula para Kepala dan Wakil Kepala Daerah se-Provinsi Sulut, Sekretaris Panitia Pelaksana Pdt. Handry M. Dengah, M.Th, dan Ketua-Ketua Komisi BIPRA GMIM yang baru terpilih. 

Sementara itu, Ketua BPMS GMIM periode 2022-2027 Pdt. Dr. Hein Arina mengatakan, dari jemaat dan wilayah pelayanan GMIM, kita diutus untuk hadir dan mengikuti SMS ke-81 GMIM. 

"Kita berharap yang terbaik bagi pelayanan Gereja Tuhan ini ke depan. Segala yang baik dan mendatangkan kebaikan dalam pelayanan Gereja Tuhan,  kita bertekad untuk menopangnya di dalam iman dan perbuatan nyata," tutur Pdt. Arina.

Pada hari yang sama, Bupati Franky Wongkar dan Wabup Petra Rembang juga mengikuti SMS ke-81 GMIM di klaster/rayon Minsel, yang dipusatkan di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel, di Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur.

 Bupati dan Wakil Bupati Minsel saat mengikuti SMS ke-81 GMIM di klaster/rayon Minsel, di Aula Waleta Kantor Bupati. (foto: Sulut24/Simon)

Berikut ini tempat pelaksanaan SMS ke-81 GMIM di 7 klaster/rayon :

Rayon Tomohon : Auditorium Bukit Inspirasi.

Rayon Minahasa Selatan : Aula Waleta Kantor Bupati Minahasa Selatan

Rayon Minahasa Utara : JG Center.

Rayon Manado : Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut.

Rayon Bitung : BPU Kantor Walikota Bitung.

Rayon Minahasa Tenggara : Kompleks Kantor Bupati Mitra.

Rayon Minahasa : Wale Ne Tou Tondano. (Simon)