Diisi di "Belanga Tanah" dan "Buluh", OD Serahkan Tanah-Air Sulut ke Presiden - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Diisi di "Belanga Tanah" dan "Buluh", OD Serahkan Tanah-Air Sulut ke Presiden

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menyerahkan tanah dan air dari bumi Nyiur Melambai kepada Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menyerahkan tanah dan air dari bumi Nyiur Melambai kepada Presiden Joko Widodo. Tanah diisi dalam belanga tanah sedangkan air diisi dalam dua setengah ruas buluh (bambu).

Sebagai dikutip dari status yang diunggah Olly Dondokambey pada akun facebook, Senin (14/03/2022), tanah dan air tersebut diterima Jokowi. Selanjutnya, Jokowi bersama Gubernur OD secara mapalus menuang tanah dan air tersebut ke dalam kendi pada ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibukota Nusantara (IKN).

Gubernur OD memenuhi undangan kemah Presiden Joko Widodo (Jokowi) di titik nol IKN yang berlangsung selama tiga hari. "Saya membawa tanah dan Air dari Sulawesi Utara yang diisi dalam "Belanga Tanah" dan "Buluh"," begitu bunyi kalimat status Gubenur OD, diakhiri dengan tagar #ollydondokambey.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menyerahkan tanah dan air dari bumi Nyiur Melambai kepada Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

Tanah bumi Nyiur Melambai yang dibawa Gubenur OD ke IKN diambil dari Watu Pinabentengan, sedangkan air dari Gunung Klabat. 

Belanga tanah merupakan karya lokal, sedangkan buluh (bambu) adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Sulut, digunakan untuk banyak kebutuhan. Keduanya merupakan local wisdom secara temurun ada pada masyarakat Sulut.(Agi)