Terima Kunker Pemkab Sigi, Wabup PYR Promosikan Cap Tikus - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Terima Kunker Pemkab Sigi, Wabup PYR Promosikan Cap Tikus

 Wabup PYR foto bareng Wabup Samuel Yansen Pongi bersama jajaran Pemkab Sigi. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Pemerintah Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang diwakili oleh Wakil Bupati (Wabup) Dr. Samuel Yansen Pongi, SE, M. Si melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Kamis (17/03/2022). 

Kedatangan Wabup Samuel Pongi disambut hangat oleh Wabup Minahasa Selatan (Minsel), Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th yang turut didampingi sejumlah pejabat teras di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel. 

Antara lain Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Minsel Drs. Benny Lumingkewas, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Frangky Tangkere, SP, M.Si, dan Asisten Administrasi Umum Arthur Tumipa, M.Ed.

Hadir pula Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja dan Transmigrasi Minsel Drs. Sonny H. Maleke, dan Kadis Sosial Minsel Sofie Sumampouw, S.Pd, M.Si.

Sementara itu, Wabup Samuel Pongi juga turut didampingi  beberapa pejabat eselon II dan III Pemkab Sigi. 

Diantaranya, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. H. Iskandar Nongtji, ST, MM, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Drs. Sutopo Sapto Condro, MT, dan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan  Rahmat Iqbal Nurkhalish B. Aly, SP, MP.

Tampak pula Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mohamad Akib, S.Pt, Kepala Dinas Sosial Ariyanto, S.STP, Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan Perencanaan Setdakab Sigi Noviani T. Korowu, S.IK, M.Sc, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setdakab Sigi, Panji Prakoso , S.STP, M.Si.

Pada kesempatan itu, Wabup Samuel Pongi menyampaikan ucapan terima kasih karena telah diterima dengan baik oleh Pemkab Minsel dan jajaran.

Sementara itu, Wabup Petra Rembang menyampaikan apresiasi atas lawatan Pemkab Sigi ke Kabupaten Minsel. 

Orang nomor dua di Kabupaten Minsel yang akrab disapa PYR ini menginstruksikan kepada jajaran yang mendampinginya agar dapat berbagi ilmu atau metode-metode yang digunakan, terkait program yang sudah dan sementara  dijalankan.

Baik di bidang Pertanian, Peternakan atau Pembudidayaan yang sekiranya dapat dipelajari dan bermanfaat bagi Pemkab Sigi. 

Di sela-sela pertemuan itu, Wabup Petra Rembang tidak lupa memperkenalkan sekaligus mempromosikan salah satu produk andalan Minsel yakni Cap Tikus.

Wabup Minsel Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th bersama Wabup Sigi, Dr. Samuel Yansen Pongi, SE, M. Si. (foto: Ist)

Kepada Wabup Samuel Pongi dan rombongan, mantan Ketua Badan Pembina Yayasan Medika GMIM ini menjelaskan bahwa Cap Tikus adalah minuman tradisional beralkohol  yang dibuat dari hasil fermentasi dan distilasi air nira dari pohon aren atau enau.

Dikatakannya, bahan dasar pembuatan Cap Tikus berasal dari air sadapan yang menetes dari pohon aren/enau atau seho.

"Cap Tikus adalah minuman khas yang menjadi kearifan lokal hasil olahan petani Minsel,’ terang Wabup Petra Rembang.

Ditambahkannya, Cap Tikus tidak hanya populer di kalangan masyarakat di daerah ini, tapi juga dikenal dan diminati oleh masyarakat di luar daerah. 

"Di Minsel sudah ada pabrik yang memproduksi dan mengemasnya dalam botol yang dikemas dengan menarik lengkap dengan label cukainya. Produknya legal dan sudah dipasarkan hingga ke luar daerah," pungkas mantan Wakil Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM Bidang Pengembangan Sumber Daya (PSD) ini. 

Sekedar informasi, lawatan rombongan pejabat Pemkab Sigi ini merupakan kunker balasan.

Pada awal Januari 2022 lalu Pemkab Minsel yang diwakili oleh Wabup Petra Rembang pernah melakukan Studi Tiru Kesiapsiagaan Daerah Rawan Bencana Alam (gempa bumi dan potensi Tsunami) di Kabupaten Sigi.

 Jajaran Pemkab Sigi dan Minsel saling berbagi ilmu di bidang Pertanian, Peternakan dan Pembudidayaan. (foto: Ist)

Ketika itu, Wabup Petra Rembang disambut hangat oleh Bupati Kabupaten Sigi, Mohamad Irwan Lapatta, S.Sos, M.Si. 

Sebelum bertemu dengan jajaran Pemkab Sigi, Wabup Petra Rembang diterima secara adat oleh dewan pemangku adat Suku Kulawi, di Desa Matauwe, Kecamatan Kulawi.

Tradisi ini merupakan bagian dari kearifan lokal daerah setempat, yang memiliki makna diterima bukan hanya sebagai tamu, melainkan bagian dari saudara. (Simon)